Tutorial Membuat Sebuah Function Dengan Python

Tutorial Membuat Sebuah Function Dengan Python

Pada artikel ini saya akan membahas tentang Python dan topik yang akan saya bahas adalah tentang bagaimana cara membuat sebuah function dengan python secara mudah. Seperti bahasa pemrograman OOP lainnya, Python juga mendukung Function, Class bahkan Module dan Package.

Function Dengan Python # Apa itu Function ?

Manfaat dari sebuah function adalah kita tidak perlu lagi menulis ulang sebuah kode jika suatu saat harus dijalankan kembali, cukup membuat sebuah method dan kita tinggal memanggil method tersebut. Sangat sederhana bukan ?

Penulisan function dengan python berbeda dengan bahasa pemrograman PHP, contohnya sebagai berikut :

Baca selengkapnya tentangTutorial Membuat Sebuah Function Dengan Python

Menampilkan Marker Terdekat di Google Maps Dengan PHP-MySQL

Menampilkan Marker Terdekat di Google Maps Dengan PHP-MySQL

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara menampilkan lokasi terdekat dengan menggunakan Google Place. Nah, kali ini yang akan kita bahas adalah tentang bagaimana cara melakukan menampilkan marker terdekat di Google Maps berdasarkan jarak atau radius tertentu dari Database MySQL dan script PHP.

Sebenarnya teknik ini tidak ada hubungannya dengan script pada Google Maps, kita hanya perlu melakukan query di MySQL saja yang nantinya akan dieksekusi dengan menggunakan AJAX request  agar data dapat ditampilkan tanpa harus memuat ulang halaman.

Pada studi kasus kita kali ini saya akan mencoba menampilkan lokasi terdekat di Google Maps yaitu lokasi kafe / kedai kopi yang ada di kota Bandung.

Baca selengkapnya tentangMenampilkan Marker Terdekat di Google Maps Dengan PHP-MySQL

Menampilkan Lokasi Terdekat Menggunakan Google Places

Menampilkan Lokasi Terdekat Menggunakan Google Places

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menampilkan lokasi terdekat dengan metode Radar Search pada peta dengan menggunakan Google Places. Google Places adalah sebuah library dari Google yang memungkinkan kita untuk menampilkan lokasi terdekat dalam jarak atau radius tertentu pada peta.

Baca selengkapnya tentangMenampilkan Lokasi Terdekat Menggunakan Google Places

Export Peta Menjadi Gambar Dengan Google Static Maps

Export Peta Menjadi Gambar Dengan Google Static Maps

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial tentang bagaimana cara untuk melakukan export peta menjadi gambar dengan menggunakan Google Static Maps. Google Static Maps adalah sebuah layanan baru dari Google Maps yang memungkinkan kita untuk melakukan rendering pada peta menjadi gambar dan dapat dicetak menjadi sebuah dokumen baik itu dalam bentuk cetakan kertas maupun kedalam format file PDF.

Baca selengkapnya tentangExport Peta Menjadi Gambar Dengan Google Static Maps

Database Wilayah Indonesia Beserta Koordinatnya

Database Wilayah Indonesia Beserta Koordinatnya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan database wilayah Indonesia lengkap dengan koordinat lokasinya. Database ini sangat berguna agar user tidak kesulitan dalam menempatkan marker pada posisi yang sesuai saat drag & drop marker pada peta dan juga agar lokasi marker tidak pada kota atau provinsi yang salah. Database Wilayah Indonesia ini juga bisa kamu gunakan untuk belajar tentang Google Maps di artikel saya sebelumnya yaitu Kumpulan Tutorial Google Maps Untuk Membuat Aplikasi GIS.

Baca selengkapnya tentangDatabase Wilayah Indonesia Beserta Koordinatnya

Tutorial Geocoding Dengan Mapbox

Tutorial Menggunakan Geocoding Dengan Mapbox

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tutorial tentang bagaimana cara menampilkan lokasi menggunakan geocoding dengan Mapbox. Mapbox adalah sebuah map flatform yang dikhususkan bagi developer untuk membangun sebuah aplikasi desktop maupun mobile yang terintegrasi dengan peta. Beberapa layanan IT yang menggunakan Mapbox ini diantaranya adalah Foursquare, Evernote, Pinterest bahkan Uber.

Baca selengkapnya tentangTutorial Menggunakan Geocoding Dengan Mapbox