Apa Itu CDN dan Apa Kelebihannya ?

Apa itu CDN dan Apa Kelebihannya

Apa Itu CDN dan Apa Kelebihannya ? yap, itu pertanyaan awal saya ketika akhir-akhir ini sering melihat ada kata CDN dimana-mana, pada awalnya saya pikir CDN ini hanya membuat website menjadi lebih berat tapi setelah saya membaca penjelasan detail tentang apa itu CDN dan apa kelebihannya, akhirnya saya faham bahwa ini teknologi yang harusnya saya gunakan sejak dulu.Sekarang kita ulangi lagi ya pertanyaannya, apa itu CDN dan apa kelebihannya ? CDN itu sendiri adalah singkatan dari Content Delivery Network. Content Delivery Network adalah sebuah sistem jaringan server untuk mendistribusikan konten  yang ada dalam suatu website atau aplikasi berbasis web ke berbagai pengakses/pengunjung di berbagai belahan dunia agar data / konten yang dikirim dapat diterima lebih cepat oleh pengunjung tersebut. CDN atau Content Delivery Network ini diperuntukkan untuk website atau aplikasi yang pengaksesnya berasal dari berbagai negara belahan dunia.

Cara kerjanya adalah dengan menaruh server di berbagai negara yang menyimpan salinan data / konten dari website yang sedang diakses. Kenapa begitu ? karena ketika seseorang mengakses website tersebut, maka perangkat tersebut akan mengirimkan request http ke server pusat atau hosting tempat dimana konten website itu disimpan. Setelah itu, server akan memproses request tersebut dan mengirimkan data yang diminta perangkat pengakses. Data ini bisa berupa halaman web, video, gambar dan lain sebagainya.

Permasalahannya adalah semakin jauh jarak antara pengunjung dengan server tersebut, maka semakin lama waktu untuk mengambil data agar dapat ditampilkan di perangkat pengunjung. Oleh sebab itu, website yang diakses dari berbagai negara perlu server lain yang ditempatkan di berbagai negara di dunia agar durasi untuk mengambil data di wilayah tersebut lebih cepat. Server inilah yang disebut CDN server (CDNS). CDNS ini berisi salinan data dari server utama, sehingga ketika pengunjung mengakses website tersebut data yang diminta dan diterima bukan dari server utama, melainkan dari cdns sehingga prosesnya lebih cepat.

Kelebihannya ?

  • Waktu untuk mengakses website lebih cepat.
  • Mengurangi durasi untuk memuat data dari website tersebut
  • Hemat bandwith, karena data yang disimpan di CDN bukan berasal dari server hosting dari website tersebut.
  • SEO Friendly, karena Google sangat menyukai website yang tidak lambat diakses sehingga proses crawl atau perayapan pada website tersebut lebih cepat.
  • Menghindari server down karena tidak banyak menampung traffic yang tinggi.

Well, sayapun sebenarnya juga baru memakai CDN. Ada beberapa pilihan Server CDN, baik itu yang gratis atau berbayar yang bisa kamu pilih diantaranya adalah :

MaxCDN

maxcdn

Cloudflare

cloudflare

Atau kalau kamu hanya ingin library JS atau CSS dari CDN, kamu bisa menggunakan Hosted Libraries dari Google.

Hosted Libraries

Ok, sekian dulu penjelasan saya tentang apa itu CDN dan apa kelebihannya. Semoga bermanfaat 😀

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

Tinggalkan Balasan