Apa Itu PHP Data Object ?

PHP Data Objects (PDO) adalah sebuah extension/library yang hadir bersamaan dengan direleasenya PHP versi 5. PDO dibangun menggunakan bahasa C/C++ dan PDO menawarkan sebuah paradigma pemrograman berorientasi object (Object Oriented Programming/OOP)
di dalam script PHP yang kamu buat sehingga dapat berjalan lebih cepat. PDO bertujuan untuk membuat satu buah interface yang seragam untuk koneksi ke beragam jenis database.

Ketika kamu menggunakan database yang didukung oleh PDO seperti misalnya MySQL, Oracle, MS. SQL Server dan PostgreSQL kamu cukup membuat script yang sama menggunakan PDO, yang berbeda hanyalah string koneksi untuk setiap database, sehingga akan meningkatkan produktivitas pemrograman. Selain itu manfaat lain adalah kamu tidak akan mengalami kesulitan jika dengan alasan tertentu database yang kamu pakai berubah, jadi kamu dapat bermigrasi ke database lain dengan mudah.


Post Author: El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.