Belajar Kubernetes - Apa itu Kubernetes ?

Belajar Kubernetes – Apa Itu Kubernetes & Kelebihannya?

Pada artikel kali ini kita akan belajar Kubernetes dan mengetahui apa itu Kubernetes beserta fungsi-fungsinya. Kubernetes adalah sebuah tools / platform yang sedang populer saat ini, sekarang kita akan membahas apa itu Kubernetes dan apa saja keunggulannya.

Apa Itu Kubernetes ?

Kubernetes adalah platform open-source yang digunakan untuk melakukan manajemen workloads aplikasi yang dikontainerisasi, serta menyediakan konfigurasi dan otomatisasi secara deklaratif.

Kubernetes berada di dalam ekosistem yang besar dan berkembang cepat. Servicesupport, dan perkakas Kubernetes tersedia secara meluas.

Kubernetes memungkinkan kamu untuk menggunakan dan mengelola aplikasi multi-kontainer dalam skala besar. Sementara dalam praktiknya Kubernetes paling sering digunakan dengan Docker, platform kontainerisasi paling populer, ia juga dapat bekerja dengan sistem wadah apa pun yang sesuai dengan standar Open Container Initiative (OCI) untuk format dan runtime gambar.

Karena bersifat open source, Kubernetes dapat digunakan secara bebas oleh siapa saja yang ingin menjalankan kontainer, di mana pun mereka ingin menjalankannya baik di server lokal, cloud server atau keduanya.

Pada awalnya Kubernetes adalah sebuah project internal milik Google hingga akhirnya Google membuka Kubernetes sebagai proyek open source pada tahun 2014.

Baca Juga : Tutorial Cara Mengatur AWS Elastic Beanstalk di NetBeans IDE

Apa Kelebihan dari Kubernetes ?

Salah satu kelebihan dari kubernetes adalah kita dapat menggunakan kubernetes dashboard untuk memonitoring container, kita dapat melakukan deployment melalui dashboard dan pastinya struktur yang diusulkan oleh kubernetes dan docker swarm sangatlah berbeda.

Berikut adalah struktur yang biasanya digunakan di dalam Kubernetes.

Arsitektur Kubernetes

Kenapa Kubernetes Menjadi Sangat Populer ?

Ada beberapa faktor yang menjadikan Kubernetes menjadi sangat populer dan banyak digunakan oleh para developer diantaranya

  • Membantu Developer bergerak lebih cepat. Pada dasarnya, Kubernetes memungkinkan kamu untuk menghadirkan Platform-as-a-Service (PaaS) yang menciptakan abstraksi lapisan perangkat keras untuk tim pengembangan. Tim developer dapat dengan cepat dan efisien meminta sumber daya yang mereka butuhkan. Jika mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk menangani beban tambahan, mereka bisa mendapatkannya dengan cepat, karena sumber daya semuanya berasal dari infrastruktur yang dibagikan di semua tim.
  • Hemat Biaya. Kubernet dan container memungkinkan pemanfaatan sumber daya yang jauh lebih baik daripada hypervisor dan VM; karena container sangat ringan, mereka membutuhkan lebih sedikit CPU dan sumber daya memori untuk berjalan.
  • Cloud-Agnostic. Kubernet dapat berjalan di Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform (GCP), dan Kamu juga dapat menjalankannya di server lokal. Kamu dapat memindahkan beban kerja tanpa harus mendesain ulang aplikasi atau benar-benar memikirkan kembali infrastruktur kamu yang memungkinkan kamu untuk melakukan standarisasi pada platform dan menghindari vendor lock-in.

Sekian dulu tutorial belajar Kubernetes dari saya. Kita sudah mengenal tentang apa itu Kubernetes dan apa saja kelebihannya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar