Bermain dan Menambang Mata Uang DIgital

Akhir-akhir ini, mata uang digital tengah digemari oleh khalayak global, bukti bahwa peningkatan valuasi nilai total mata uang digital meningkat pesat membuat para pemain industri ini ‘kipas-kipas pakai duit’ (profit, -red). Bahkan banyak kawula muda yang menjadi jutawan baru, bahkan milyader karena bertaruh di mata uang digital ini.

Tulisan ini ditujukkan untuk kalangan awam yang belum mengenal dunia mata uang digital ini, jika anda bertanya bagaimana steemit membayar anda? Anda akan menemukan jawabannya disini.

Bagaimana Cara Mining dengan mudah? Hubungi Admin blog.

Perhatikan sebelumnya Investasi di kripto juga memiliki resiko, lakukan riset mandiri dan pastikan anda investasikan uang yang anda siap rugi.

Pertama, Mining

Mining atau menambang, untuk memudahkan pengertian kita, berikut video dari 99 Bitcoins. (Walaupun teks nya berbahasa Inggris, gambar di video tersebut cukup menjelaskan apa itu mining).

Untuk memudahkan, kita tidak akan membahas teknis secara detail. Dalam video tersebut dijelaskan bahwa menambang dalam konteks mata uang digital adalah melakukan verifikasi terhadap transaksi atau melakukan pencatatan terhadap transaksi. Oleh karena itu, penambang dibayar atas usahanya memverifikasi dan melakukan pencatatan hingga terbentuknya transaksi baru.

Nah, menambang sebenarnya ada banyak jenisnya, namun yang Crypto-In bahas disini hanya dua, yaitu Proof-of-Work (PoS) dan Proof-of-Stake (PoS).

1.a Proof of Work (Pow)

Penjelasan lengkap mengenai PoW bisa dibaca disini :
https://edukasibitcoin.com/penjelasan-lengkap-menambang-bitcoin-bitcoin-mining/

Kemudian berapa biaya yang anda butuhkan untuk menambang dengan PoW ini:
https://finance.detik.com/moneter/3636894/ingin-menambang-bitcoin-si-uang-sakti-butuh-modal-berapa

Nah, jika anda membaca kedua artikel diatas, PoW dalam konteks Bitcoin, cukup memakan biaya dan modal yang besar untuk memulai. Jika anda benar-benar baru di dunia kripto, menambang PoW bukanlah awal yang ramah untuk anda. Pilihan lainnya adalah cloud mining, gampangnya, nambang online. Kuncinya adalah, anda harus memastikan bahwa website cloud mining yang anda pilih legit (bukan scam). Jangan mudah tergiur dengan bunga dan keuntungan yang ditawarkan.

FYI! Steem menggunakan PoW yang berbeda dengan bitcoin, gampangnya, jika bitcoin membutuhkan peralatan Hardware untuk menambang, Steem membutuhkan kontribusi penggunanya untuk menambang. Ya, kontribusi itu dalam bentuk Vote, Comment, dan berbagai aktvitas lainnya. Anda dapat melihat transaksi yang sedang berlangsung (Blockchain activity) yang sedang terjadi di Steem melalui link ini:

https://steemdb.com/
Itulah kenapa Steem bisa membayar kita semua. Jadi, jika kita membuat konten, dan berkonribusi di Steem, kita sedang menambang Steem.

1.b Proof of Stake (PoS)

Jika sebelumnya PoW (bukti kerja), sekarang PoS (bukti kepemilikan). Jadi, sederhanya, PoS adalah cara menambang dengan menunjukkan bukti kepemilikan anda, bahwa anda memiliki kripto yang anda ingin menambang.

https://edukasibitcoin.com/tentang-proof-of-stake-ethereum/
Nah, untuk PoS ini besar kecil modal awal ditentukan oleh harga dan syarat kripto (mata uang digital) yang ingin anda tambang. Crypto-In akan membahas detail pada kontribusi selanjutnya. Jika anda ingin menambang PoS, anda harus tahu dulu mata uang digital yang menggunakan PoS ini untuk menambang, contohnya : Dash, Peercoin, Ember, Cardano, B3, dan lain-lain. Secara teknis PoS memang lebih mudah, anda hanya perlu mengunduh dompet (wallet) sesuai kripto yang teman-teman pilih ke leptop atau PC anda, kemudian mengirim kripto yang telah anda beli ke dompet (wallet) anda di pc/leptop, kemudian biarkan leptop anda dan koneksi internet menyala 24 jam non-stop. Untuk melakukan PoS anda harus menyalakan terus leptop dan koneksi anda, karena anda sedang melakukan pembuktian kepemilikan aset anda melalui pc/leptop.

Berapa profit dari PoS ini?

Setiap kripto memiliki kebijakannya masing-masing, sekitar 5% – 1000% per tahun. Ditambah jika ada peningkatan harga dari kripto tersebut, keuntungan memang cukup besar. Ingat, modal awal tergantung dari kripto yang anda ingin tambang dan syaratnya, sebagai contoh : Dash (mata uang digital), harganya saat ini $ 793, dan untuk melakukan PoS, anda harus memiliki 1000 Dash, artinya (1000 x $ 793). Sangat besar yah! Itu baru Dash, masih banyak kripto yang lebih murah dan memungkinkan dengan modal Rp 1 juta (syarat ada koneksi dan leptop). Intinya, PoS ini cukup layak dicoba oleh awam, karena fleksibiltasnya.

Kedua, Lending

Crypto-In sangat tidak merekomendasikan ini
Oke, langsung saja, “kenapa kok tidak merekomendasikan tapi Crypto-in tulis?”.
Agar memperingati anda yang baru masuk dunia mata uang digital.
Lending Platform merupakan sebuah website yang mengklaim bahwa ada sebuah software komputer (bot) yang mampu memberikan anda profit jika anda meminjamkan (depost,mengirimkan, -red) kripto anda (dana) anda ke website atau platform tersebut. Lebih lagi, jika anda mampu mengajak orang lain untuk memasukkan dananya ke platform tersebut, anda juga akan mendapat profit tambahan. Apalagi, jika orang yang anda ajak, mengajak orang lain lagi, maka profit anda semakin besar. Jika anda mengajak A, kemudian A mengajak B, dan seterusnya hingga level yang mereka tentukan, profit anda semakin besar.

Terdengar seperti MLM atau Pyramid?
Ya, memang benar! Oleh karena itu Crypto-In sangat tidak merekomendasikan anda yang baru masuk di dunia kripto untuk bermain-main dengan lending semacam itu. Kasus yang baru saja terjadi adalah Bitconnect. Karena tulisan ini untuk anda yang baru memasuki dunia kripto, sedikit kisah tentang bitconnect bisa anda baca disini :

https://99bitcoins.com/bitconnect-review-scam-legit/
Intinya bitconnect adalah skema piramid yang menawarkan keuntungan. Ingat, skema piramid tidak akan terbukti piramid sebelum website/skema tersebut bangkrut (uang anda akan nyangkut dan tidak dapat ditarik). Cara mudah melacaknya adalah dengan melihat keuntungan yang ditawarkan, jika keuntungan itu terkesan muluk-muluk, tolong, jangan mudah tergiur atau percaya. Cara lain melacaknya adalah jika skema tersebut membentuk piramid seperti contoh diatas, itu sudeh jelas PIRAMID/PONZI/MLM.

Kenapa Crypto-In sangat konsentrasi pada hal ini, karena Crypto-In melihat ada youtuber Indonesia yang mempromosikan produk-produk scam ini demi keuntungannya semata. Ini adalah bentuk kritik kepada mereka yang mempromosikan produk scam.

Dan, masih ada ratusan produk piramid/ponzi/mlm lainnya yang menawarkan keuntungan berlipat-lipat.
“If it sounds too good to be true, you should be aware!”


Ketiga, Faucet

Faucet, izinkan Crypto-In menjelaskan dengan bahasa awam, Faucet adalah sebuah website yang membayar anda jika anda mengikuti apa mereka mau. Bisa jadi anda akan diminta untuk menonton iklan, menjawab survey, bermain game, gambling, dan sebagainya.

Apakah faucet layak untuk dicoba?

Jika anda ingin mencari pengalaman silahkan dicoba. Masalah dari faucet adalah anda dibayar sangat murah jika anda tidak mempromosikan faucet anda. Jika anda hanyalah bagian dari user yang mengikuti syarat-syarat website faucet penghasilan anda akan sangat minimal, estimasi sekitar Rp.50.000 – Rp.250.000 / bulan. Jika ada orang yang mengklaim berpenghasilan lebih dari Rp.4 juta/ bulan, mungkin orang ini memiliki banyak referral di bawahnya. Bagi Crypto-In, bermain faucet akan menambah pengalaman anda dengan kripto dan mata uang digital. Namun Crypto-In tidak merekomendasikan sebagai karir jangka panjang.

Sangat tidak menyenangkan jika anda hanya melakukan faucet dan tidak mencari tahu bahwa ada peluang lain yang lebih besar namun tidak muluk-muluk untuk mencari uang dalam dunia kripto.

Keempat, Investasi
β€œThe secret to investing is to figure out the value of something – and then pay a lot less.” Joel Greenblatt

Rahasia investasi adalah memahami nilai dari sesuatu dan kemudian membayar lebih murah. Greenblat merupakan salah satu hedge fund manager yang memiliki outstanding portofolio investasi. Maksud dari quote-nya adalah , kunci dari investasi adalah mengetahui nilai mengenai suatu aset, namun membeli ketika harganya sedang murah. Atau, mengetahui nilai suatu aset, dan membelinya saat harga belum mencapai yang selayaknya.

FYI! Ada 1495 jenis kripto atau mata uang digital, bisa dilihat disini:

https://coinmarketcap.com/
Jumlah itu terus bertambah seiring dengan berkembangannya blockchain (teknologi di balik mata uang digital). Kita tidak akan membahas tekonologinya disini, tetapi kita akan membahas investasinya secara umum. Pertanyaan yang pertama kali kita tanyakan mungkin, berapa keuntungan dari investasi di kripto ?

Jawaban sederhanya adalah, tergantung! Tergantung dari kripto apa yang anda pilih dan berapa modal yang anda investasikan. Saya punya data sebuah kesempatan emas investasi di kripto., berikut pemaparannya;

  • Pada bulan Januari tahun 2017, harga 1 coin Verge (XVG) adalah Rp. 0.2295 / coin.
  • Seandainya kita membeli Rp. 100 ribu sejumlah koin XVG pada waktu itu, kita akan memiliki ;
  • Rp. 100.000 (jumlah uang kita) dibagi Rp. 0.2295 (harga per coin), jadi 435.000 (435 ribu koin)
  • Jadi, dengan uang Rp. 100 ribu, kita bisa memiliki 435.000 koin XVG.
  • Kemudian kita menyimpan aset tersebut hingga bulan Desember 2017 tepatnya 12 bulan.
  • Pada bulan Desember tahun 2017, harga 1 koin Verge (XVG) adalah Rp. 3000 / coin.
  • Pada harga Rp. 3000 / coin, anda memiliki sejumlah 435.000 koin, maka total profit anda adalah;
  • 435.000 koin XVG (jumlah koin yang anda miliki) dikali dengan Rp. 3000 (harga satuan coin saat itu)
  • Maka 435.000 x Rp. 3.000 = Rp. 1.305.000.000 ( 1,3 Milyar)
  • Ya, pada Desember 2017 anda memiliki Rp. 1,3 Milyar.
  • Apakah data itu benar?
  • Ya. Benar! Silahkan anda cek, https://coinmarketcap.com, anda cari koin/kripto Verge (XVG) kemudian anda lihat sejarah datanya, dan perhatikan data pada bulan Januari hingga Desember 2017.

Itu adalah salah satu contoh hasil investasi jangka panjang pada koin verge. Jadi, investasi di kripto adalah menyimpan aset kripto dan menjualnya saat harga tinggi.

Namun jangan senang dulu, hal itu tidak semudah yang dibayangkan. Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tetapi kenyataannya adalah lebih banyak orang yang kehilangan uang karena tidak berhati-hati dan emosi dalam berinvestasi. Ingat, ada 1495 jenis kripto dan mungkin hanya sekitar 0.002 % aset atau kripto yang mungkin bisa jadi seperti Verge (XVG) atau ‘the next verge (XVG)’.

Salah satu tujuan dari Crypto-In adalah menyediakan sumber yang informatif dan terpecaya melalui konten-konten dan pembahasannya. Nah, investasi dalam kripto merupakan rekomendasi terbaik dari Crypto-In untuk menghasilkan uang dari dunia mata uang digital. Namun, tidak lepas dari resiko yang ditawarkan.

Kenapa Crypto-In membuat konten seperti ini? Agar para pembaca terutama anda yang baru memasuki dunia kripto lebih cerdas dalam memilih investasi dan tidak tergiur dengan keuntungan semata.

Okay, kembali lagi ke investasi. Kasus Verge (XVG) diatas terkesan muluk-muluk, padahal merupakan contoh real sebuah kripto yang ‘unvervalued’, nilainya pada Januari 2017 merupakan nilai yang tidak seharusnya. Sekali lagi, ‘undervalued’, nilai yang diberikan pasar pada bulan Januari 2017 tidak layak, karena Verge seharusnya lebih bernilai dari yang ditawarkan pada bulan Januari, oleh karena itu pada bulan Desember 2017 nilai Verge (XVG) melambung jauh terbang ke bulan (To The Moon).

Nah, persoalannya adalah menemukan kripto ‘undervalued’ bukanlah perkara mudah, apalagi resiko yang dipertaruhkan sebesar modal yang di-investasikan. Jika ceroboh dan emosi dalam berinvestasi bukannya untung malah buntung. Jadi, kita harus melakukan riset mendalam terhadap sebuah kripto, dan melakukan riset mendalam terhadap 1495 kripto bukanlah perkara mudah. Ibarat mencari jarum dalam tumpukan jerami! Tetapi, bukan berarti tidak mungkin. Karena ada banyak kripto yang memiliki fungsi unik, menyelesaikan masalah, membawa perubahan, dan berbagai nilai positif lainnya. Tugas kita adalah menemukan dengan hati-hati kripto yang memiliki nilai tersebut dan investasi dengan bijak ke dalam kripto yang memiliki nilai fungsi kredibilitas untuk jangka panjang. Intinya, kita investasi bukan karena membayangkan profit, namun investasi pada nilai dan fungsi serta kredibilitas kripto yang kita investasikan.

Nah, kita-kira itu dulu untuk saat ini, semoga informasi ini cukup mencerahkan dan membuat anda tidak mudah tergiur keuntungan namun tetap punya keinginan untuk berinvestasi. Jika anda juga memiliki cara menghasilkan uang dari kripto yang belum dibahas, dan jika anda tidak keberatan untuk berbagai, silakan share di kolom komentar. πŸ™‚

Mohon maaf jika ada kekurangan. Jangan lupa upvote jika menurut anda artikel ini bernilai. Dukung terus kripto in untuk memberikan informasi yang informatif dan terpercaya. Terima kasih. Sukses.

Tinggalkan komentar