Tutorial Javascript – Cara Mengecek Value Pada Array di Javascript

Dipublikasikan oleh El Cicko pada

cara mengecek value pada array di javascript thumbnail scaled

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara untuk mengecek value pada array di Javascript. Ada cara yang mudah dilakukan untuk mengecek apakah sebuah array memiliki value yang kita cari, method yang akan kita gunakan di Java

Method includes() digunakan untuk menentukan apakah value yang kita berikan ada didalam sebuah array. Nilai yang dikembalikan oleh method includes() adalah berupa boolean yaitu true dan false. Cara ini mirip dengan function didalam bahasa pemrograman PHP yaitu in_array()

Contoh cara untuk mengecek value pada array di javascript dengan includes() adalah sebagai berikut :

var array = [1, 2, 3];

console.log(array.includes(2));
// output : true

Pada script diatas, kita memiliki sebuah array yang mengandung nilai berupa angka 1 sampai 3 lalu kita menggunakan method includes() untuk menentukan apakah angka 2 ada diantara item pada array tersebut. Karena nilai yang kita berikan tersedia didalam array maka output yang dihasilkan adalah true. 

Contoh lengkapnya adalah sebagai berikut :

Cara Mengecek Value Pada Array di Javasript

Mudah kan ? Sekian dulu tutorial javascript tentang cara mengecek value pada array di javascript dari saya. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.


El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *