Cara Mudah Instalasi Polymer

Cara Mudah Instalasi Polymer

Instalasi Polymer sebenernya cukup mudah. Ada 2 cara yang bisa kita gunakan yaitu melalui Bower atau download file ZIP secara manual. Oh iya jika kamu belum faham tentang apa itu Polymer, kamu bisa baca artikel terdahulu saya tentang apa itu polymer dan apa kegunaannya.

Instalasi Polymer Via Bower

Pada langkah ini saya akan membahas bagaimana langkah instalasi Polymer melalui Bower. Bower adalah sebuah Package Manager untuk library web, mirip dengan Composer. Nah berikut langkah instalasi Polymer melalui Bower.

1.) Jika pada aplikasimu tidak ada file bower.json sebelumnya, kamu bisa membuat file bower.json melalui console / command prompt kamu. Ketikkan perintah berikut

bower init

Setelah itu, system bower akan memberikan beberapa pertanyaan untuk keterangan file aplikasi. Silahkan isi sesuai dengan sistem yang kamu miliki. Pada pertanyaan seperti “What kind of modules do you expose”, kamu bisa abaikan dengan menekan Enter. Sebenarnya ada beberapa pertanyaan juga yang bisa kamu abaikan.

2.) Setelah itu, sistem bower akan melakukan generate file bower.json. Lalu langkah terakhir adalah dengan menyertakan dependensi Polymer pada file bower.json. dengan mengetikkan perintah berikut

bower install –save Polymer/polymer#^1.0.0

3.) Nah, sistem bower akan membuat direktori bernama bower_components/ di folder aplikasi kamu. Setelah proses generate direktori selesai, kamu bisa update depedency dengan mengetikkan perintah berikut.

bower update

Setelah itu, kamu tinggal include saja file library dari polymer di file html milik kamu. Untuk kamu yang sudah mempunyai file bower.json di aplikasi kamu, kamu bisa loncat ke langkah ke-2. Cara ini sebenarnya paling efektif karena jika ada update terbaru dari Polymer, kamu tinggal update dengan perintah bower update saja.

Instalasi Polymer Via File ZIP

Cara ini adalah alternatif jika kamu tidak punya koneksi internet. Kamu bisa mendownload file library dari Polymer disini dan extract file tersebut di aplikasi kamu. Tapi kekurangannya adalah, jika kamu membutuhkan element lain seperti Materialize dll, kamu harus mendownloadnya secara manual atau menggunakan bower. Jadi menurut saya langkah instalasi Polymer via Bower adalah cara yang efektif.

Sekian bahasan saya tentang cara mudah instalasi Polymer. Semoga bermanfaat 😀


Tinggalkan Balasan