Database Wilayah Indonesia Beserta Koordinatnya

Dipublikasikan oleh El Cicko pada

database wilayah indonesia beserta koordinatnya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan database wilayah Indonesia lengkap dengan koordinat lokasinya. Database ini sangat berguna agar user tidak kesulitan dalam menempatkan marker pada posisi yang sesuai saat drag & drop marker pada peta dan juga agar lokasi marker tidak pada kota atau provinsi yang salah.

Database Wilayah Indonesia ini juga bisa kamu gunakan untuk belajar Google Maps API di artikel saya sebelumnya yaitu Kumpulan Tutorial Google Maps Untuk Membuat Aplikasi GIS.

Database ini tersedia dalam format SQL saja, berikut saya lampirkan screenshot untuk beberapa contoh struktur dan isi table pada database wilayah Indonesia ini.

Struktur database ini terdiri dari beberapa table yaitu :

  • Table Provinsi (34 data + koordinat)
  • Table Kabupaten / Kota (501 data + koordinat)
  • Table Kecamatan (6980 data + koordinat)
  • Table Kelurahan (80.938 data tanpa koordinat) (80.938 data + koordinat)
  • Table Kodepos (81.248 data tanpa koordinat)

Dan berikut persentase akurasi lokasi koordinat untuk setiap wilayah dalam table diatas.

Nama TableKoordinatTingkat Akurasi Lokasi
provinsiAda99 %
kabkotaAda95 %
kecamatanAda90 %
kelurahanAda80 %
kodeposTidak Ada
Database Wilayah Indonesia

Untuk saat ini hanya table provinsi, kabupaten dan juga kecamatan saja yang memiliki koordinat karena isi table kelurahan & kodepos memiliki data puluhan ribu dan tapi ini sebenarnya sudah cukup membantu dalam penyempurnaan aplikasi GIS agar lebih mudah digunakan. 

Alhamdulillah, sekarang untuk table kelurahan sudah memiliki koordinatnya. Namun, karena keterbatasan API yang digunakan maka koordinat yang tersimpan belum sepenuhnya akurat tapi ini sebenarnya sudah cukup membantu dalam penyempurnaan aplikasi GIS agar lebih mudah digunakan.

Database Wilayah Indonesia #Bagaimana Cara Dapetinnya ?

Sayangnya database ini tidak gratis karena effort untuk menginput data wilayah beserta koordinatnya yang lumayan rumit, jadi ya terpaksa saya kasih harga (padahal mah sebenarnya lagi nyari nafkah…hehehe ).

Tapi tenang saja koq karena database ini saya jual murah saja yaitu Rp. 75.000 saja. Harga tersebut udah termasuk dengan database wilayah Indonesia beserta koordinatnya dan juga script PHP untuk contoh demo program.

Kamu bisa order database wilayah Indonesia ini dengan melakukan transfer sebesar Rp. 75.000 ke rekening Bank BCA yaitu 4381516193 a.n Riky Fahri Hasibuan.

Setelah transfer kamu tinggal melakukan konfirmasi beserta screenshot bukti transfer ke email saya di riky.hasibuan@gmail.com. Sebelum order harap hubungi saya terlebih dahulu untuk respon cepat.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu melakukan order untuk database wilayah Indonesia dengan koordinatnya

  • Database ini dijual dalam bentuk digital saja tanpa barang fisik. Setelah konfirmasi, saya akan mengirimkan link download.
  • Database ini hanya tersedia dalam bentuk SQL. Kalau kamu membutuhkan format file lainnya seperti Excel atau CSV, silahkan hubungi saya terlebih dahulu.

Kamu bisa melihat demo program tersebut dengan mengklik link yang ada pada tombol di bawah ini.

Demo


El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.

11 Komentar

mukhlisin · Oktober 6, 2016 pada 2:40 pm

mas hubunginya kenomer mana ya..

Debora Regina · Juni 9, 2017 pada 9:18 am

mas demo nya gabisa di buka ya

hamid · Maret 6, 2018 pada 3:30 pm

hallo, boss. Saya butuh koordinat desa/kelurahan. masih ada?

    El Cicko · Maret 7, 2018 pada 10:16 am

    masih ada mas, transaksinya bisa lewat email saya aja ya 🙂

User · Juni 6, 2018 pada 3:55 pm

Masih dijual kah database-nya? Saya udah pm via email

Samuel · Januari 8, 2019 pada 4:34 pm

Mas, kalau koordinat batasan daerahnya ada? Saya butuh utk buat poligon di google api

    El Cicko · Januari 9, 2019 pada 10:32 am

    untuk batasan daerah belum ada mas.

DR · Januari 16, 2019 pada 5:01 pm

Oke…DB nya sudah keterima..
Mantab

cjt · Desember 3, 2019 pada 4:39 pm

kalau saya punya posisi gps nya apakah saya bisa menentukan propinsi, kotamadya/kabupaten, kecamatan, keluarahan dan kode pos dengan menggunakan data yang dijual?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *