Fasilitas Geo Search Dengan Menggunakan LeafletJS

geosearch-leafletjsUdah hampir satu minggu ini belum bisa balik ke Bandung karena cuaca yang ekstrim dan juga ada beberapa kerjaan di Purwakarta yang ga bisa ditinggalin. Jadinya saya masih ngendap di sini untuk beberapa lama ke depan. Mudah-mudahan bisa cepet balik soalnya udah ga tahan juga pengen lanjutin main Football Manager di kosan saya. 😀

Ok, cukup dech basa-basinya. Sesuai judul sekarang kita mau membuat Fasilitas Geo Search dengan menggunakan LeafletJS . Apaan sich GeoSearch itu? Nah, gini ya…kalo kita buka Google Maps maka kita akan dihadapkan sama 1 buah textbox untuk menuliskan alamat / nama lokasi yang mau kita cari. Nah, dengan GeoSearch ini maka kita ga perlu lagi cape-cape buat nyari lokasi dengan koordinat lattitude atau longitude…cukup ketikkan aja nama alamat atau kota yang kita cari.

Nah, pada dasarnya LeafletJS tidak menyertakan GeoSearch pada API-nya. beruntunglah karena banyak developer diluar sana yang menyediakan Plugin LeafletJS untuk kebutuhan-kebutuhan yang lainnya.

Untuk studi kasus kali ini saya menggunakan Plugin bikinan dari mas Smeijer. Pada plugin ini beliau menggunakan Service Geocoding dari berbagai maps provider seperti Nokia, Bing, Google dll. Nah, pada artikel ini saya memilih untuk menggunakan provider dari Google.

Ok, sekarang buka texteditornya dan ketikkan script berikut ini

Nah, output dari script diatas seharusnya seperti ini

leafletjs-geosearch

Nah gampang khan ? Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

download-button

 

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan