Input Data JSON Kedalam Database MySQL Dengan PHP

json

 

Udah lama juga ga nulis-nulis lagi di Blog, kesibukan yang sangat padat jadinya ya ga sempet buat nulis artikel baru lagi…tapi mudah-mudahan artikel saya ini bisa bermanfaat ditengah keringnya ide. 🙂

Artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk menyimpan data kedalam Database dalam format JSON. Untuk Yang belum tau apa itu JSON bisa merujuk ke situs resminya di http://www.json.org/.

Kegunaannya untuk apa? misalkan begini, saya punya 3 table yang terdiri dari table mahasiswa,mata kuliah, dan krs. Pada relasinya setiap 1 mahasiswa bisa mengambil banyak mata kuliah. Daripada saya harus menyimpan data pada banyak baris jadi mendingan saya bikin semacam format data agar data mata kuliah yang diambil itu bisa disimpan dalam satu baris saja.

Masih kurang jelas? langsung aja ya kita ke codenya :

kita pake aja json_encode untuk mengkonversi data array yang berasal dari input checkbox menjadi format json. Sederhana khan? Silahkan Dicoba

download button

 

 

 

 

 


Post Author: El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.