Instalasi Oracle 10g XE Di Ubuntu

oracleandubuntuOK,  abis puas liburan beberapa hari ini sekarang mulai beraktifitas lagi kaya biasanya. Semalem lumayan hebat jalannya sampe-sampe jalanan Pasteur jadi amblas, padahal itu aspalnya baru jadi 2 mingguan. Hari ini juga rencananya saya mau pulang kampung dulu sehari, moga-moga aja cuacanya mendukung biar perjalanannya jadi lancar dan sayapun jadi ceuyah. 😀

Sekarang kita menikung dulu ke bahasan Linux! karena ada beberapa kerjaan saya yang pake DBMS Oracle dan saya juga lagi beralih ke Ubuntu, jadi ya semaleman kemarin saya install Oracle 10g XE di Ubuntu. Instalasi lumayan agak alot karena ukuran filenya yang ga kecil dan juga lumayan bikin mesin Ubuntu saya agak ngos-ngosan.

Nah, sekarang kita bahas ya langkah-langkahnya. Oya, proses instalasi yang akan saya bahas ini membutuhkan koneksi internet tapi kalo misalkan kamu ga punya koneksi internet nanti akan saya kasih tau caranya tapi saya belum pernah coba jadi ga ada jaminan bisa berhasil atau ga.

Buka terminal kamu dan edit file source.list yang berada pada direktori /etc/apt/sources.list 

dan masukkan alamat repository berikut ini di baris paling bawah

Update repository kamu dengan mengetik sudo apt-get update di terminal, kalo udah beres kita bisa langsung memulai instalasinya.

OK, sekarang Oracle XE udah berhasil terinstall!!! Nah, buat yang enggak punya koneksi internet begini caranya ya. Kita harus mendownload satu-persatu file Deb-nya di situs resminya. Ini alamatnya :

http://url.elcicko.web.id/m0f9

http://url.elcicko.web.id/vwlm

http://url.elcicko.web.id/sn7d

http://url.elcicko.web.id/f52h

Kalo udah beres downloadnya, taro semua file DEB-nya pada satu folder, rename aja misalnya namanya “oracle-xe”. Nah abis itu kita buka terminal. Pada terminal yang aktif, masuklah ke direktori “oracle-xe” dan ketikkan perintah berikut.

Langkah diatas belum saya coba, jadi agak dimaklum ya kalo misalnya ada yang error. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😀

 

 

 

 

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

Tinggalkan Balasan