Press "Enter" to skip to content

Install Laravel di Windows

Pada artikel kali ini saya akan membahas tutorial tentang Laravel Framework dan topik yang akan saya bahas adalah tentang cara install Laravel di Windows.

Pada langkah awal, yang harus kita lakukan adalah dengan menginstall XAMPP. Jika kamu terbiasa menggunakan bahasa pemrograman PHP, saya asumsikan kamu sudah menginstall XAMPP di laptop / PC kamu.

Setelah selesai menginstall XAMPP, kita set Environment Variable agar program PHP dapat di eksekusi melalui Command Prompt.

Kita asumsikan bahwa XAMPP kita terinstall di Drive C, maka alamat instalasinya seharusnya adalah "C:xampp/php". Salin alamat tersebut, lalu buka Control Panel, setelah itu pilih System dan pilih menu Advanced System Settings maka akan keluar sebuah jendela baru.

Pilih tab Advanced dan klik tombol Environment Variables. Pada jendela baru yang terbuka, pilih New pada Users Variable, isi dengan “PHP Path” atau terserah kamu pada Variables Name dan masukan alamat direktori PHP yang sebelumnya sudah kita salin, klik OK untuk menyimpan Path tersebut. Sampai disini berarti proses konfigurasi PHP untuk command prompt selesai.  

Sekarang kita mulai proses install Laravel di Windows. Karena Laravel menggunakan Composer maka kita tidak bisa download seluruh source instalasinya, kita harus mendownload tarball-nya dulu di GitHub dan menggunakan Composer untuk mendownload dependencies dari Laravel.

Pertama kita download terlebih dahulu source Laravel di Github. Setelah proses download selesai, extract file zipnya. Sekarang kita download lagi Composernya. Composer bisa didownload di situs resminya di http://getcomposer.org. Setelah file composer sudah didownload, simpan file composer.phar di direktori tempat dimana kita mengekstrak file ZIP dari Laravel.

Setelah itu buka command prompt dan arahkan pada direktori Laravel tadi. ketik perintah berikut ini pada command prompt :

php composer.phar install

Nanti script Composer akan mulai mendownload file-file depedency yang dibutuhkan. Kalau versi PHP yang kamu punya sesuai dengan requirement Laravel maka seharusnya proses instalasi berjalan dengan lancar.

Ok, Jika proses download dependencies sudah selesai, maka struktur direktori project akan berubah menjadi seperti berikut :

Install laravel di Windows - Direktori

Jika ada, maka proses instalasi bisa dikatakan berhasil! Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat 😀

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *