Kebijakan Baru Untuk Google Maps API

Sudah lama saya tidak ngeblog karena kesibukan di kerjaan saya. Sekarang ini saya aktif sebagai web developer di sebuah perusahaan e-commerce di kota Bandung. Selain itu saya juga aktif sebagai instruktur untuk Web Development Basic di sebuah lembaga kursus di Bandung juga tentunya. Biasanya saya ngeblog jika ada sesuatu yang baru yang saya temukan saat mengerjakan sesuatu. Jadi, harap maklum ya 😀

Saya sudah lama tidak menyentuh Google Maps API. Ketika suatu hari saya akan menggunakan Google Maps API untuk sebuah project, saya mengalami hal yang aneh pada map saya. Keanehan yang saya temui yaitu adanya watermark pada peta seperti pada gambar dibawah ini :

Kebijakan Baru Untuk Google Maps API

Setelah itu saya mencari referensi tentang pesan di peta tersebut dan saya mendapatkan beberapa penjelasan di sebuah forum yaitu :

Google Maps is no longer free. You have to associate a credit card so that you can get billed if your site has requests that exceed the $200 credit they give you monthly for free. That is why you get the watermarked maps.

Dari penjelasan diatas, disebutkan bahwa sekarang Google Maps API sudah tidak gratis lagi. Kita diharuskan mendaftarkan nomor kartu kredit untuk menggunakan Google Maps API lalu kita akan mendapatkan kredit secara gratis sebesar $200 setiap bulannya. Setelah kreditnya habis maka akan kita akan dikenakan billing / penagihan sesuai dengan pemakaian API.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berapa harganya, kamu bisa mengunjungi link berikut :
https://developers.google.com/maps/previous-pricing