Kumpulan Tutorial Google Maps Untuk Membuat Aplikasi GIS Lanjutan

Kumpulan Tutorial Google Maps Untuk Membuat Aplikasi GIS Lanjutan

Dulu saya pernah membuat artikel yang berisi kumpulan tutorial tentang Google Maps untuk membuat aplikasi GIS, pada artikel itu saya sudah membuat kompilasi tutorial dasar yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi GIS  dengan Google Maps. nah pada kesempatan ini saya akan membuat kompilasi kedua untuk tutorial Google Maps untuk membuat aplikasi GIS yang lebih besar dan advance.

Tutorial Google Maps #Menampilkan Informasi Gempa Di Google Maps

Pada tutorial ini saya membahas tentang bagaimana cara untuk menampilkan informasi gempa terkini di peta Google Maps dengan memanfaatkan data web service dari BMKG. Data tersebut berupa XML jadi kita menggunakan script PHP untuk melakukan parse data XML lalu menampilkannya di peta dengan bantuan AJAX. Oh iya, selain data gempa kamu juda dapat memanfaatkan data lainnya di BMKG untuk ditampilkan di peta Google Maps.

Tutorial Google Maps #Tutorial Dasar Penggunaan Fusion Tables Di Google Maps

Fusion Tables sangat berguna jika kamu memiliki data koordinat dengan skala kecil dan kamu merasa tidak perlu untuk menggunakan database untuk menyimpan data koordinat tersebut, Fusion Tables memanfaatkan file CSV yang kamu simpan di Google Drive lalu menampilkannya di peta. Selain itu kamu juga bisa menggunakan query untuk melakukan pencarian lokasi / koordinat yang ada di dalam file CSV tersebut.

Tutorial Google Maps #Menghitung Tarif Berdasarkan Jarak Dengan Google Maps

Kamu pasti sudah tahu aplikasi transportasi Online seperti GO-JEK ataupun Grab. Nah, pada bagian ini saya membahas tentang bagaimana cara menghitung tarif berdasarkan jarak dari lokasi asal menuju lokasi tujuan dengan bantuan fitur geolocation dan juga Google Direction. Fitur ini sangat berguna untuk bidang transportasi & logistik dan bisa kamu kembangkan menjadi aplikasi yang lebih besar lagi.

Tutorial Google Maps #Export Peta Menjadi Gambar Dengan Google Static Maps

Bagi kamu yang membutuhkan sebuah laporan yang disertai dengan peta, fitur dari Google ini dapat kamu gunakan. Google Static Maps akan mengkonversi peta dengan koordinat yang sudah kamu tentukan lalu menampilkannya sebagai file image, file gambar ini bisa kamu taruh di dalam konten. Tentu saja dengan fitur ini kamu bisa mencetak dokumen seperti PDF atau mencetaknya secara langsung di browser.

Tutorial Google Maps #Menampilkan Lokasi Terdekat Menggunakan Google Places

Google Places adalah fitur dari Google Maps dimana data lokasi baik itu gedung kantor, stasiun, kafe, restoran dan banyak lainnya tersimpan di database Google Maps. Data ini dapat kita manfaatkan untuk melakukan pencarian lokasi yang ada di peta Google Maps.

Tutorial Google Maps #Menampilkan Marker Terdekat di Google Maps Dengan PHP-MySQL

Kamu tahu aplikasi Tinder ? nah ide dari artikel ini hampir serupa yaitu melakukan pencarian baik itu lokasi atau user dalam jangkauan atau radius tertentu dengan menggunakan Google Maps dan juga PHP-MySQL.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan