Lumen – Framework Terbaru Dari Laravel Framework

Lumen

Lumen adalah sebuah PHP Framework terbaru yang di bangun oleh Taylor Otwell yang tidak lain adalah creator dari Laravel. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Lumen dan apa saja kelebihan dari framework ini.

Apa Itu Lumen ?

Lumen adalah sebuah Micro Framework yang dirancang khusus untuk kebutuhan Micro’s Services dan juga kebutuhan API. Karena framework ini bersifat micro, Taylor Otwell lebih mengedepankan soal kecepatan untuk akses data, bahkan pada website resminya Framework ini digadang-gadang sebagai salah satu yang tercepat dari 3 Micro Framework yang tersedia saat ini yaitu Silex dan juga Slim 3. Mereka memperlihatkan statistik jumlah request yang dapat di handle oleh framework ini dalam 1 detik, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini

Lumen Speed Comparasion

Gambar diatas adalah grafik perbandingan jumlah request yang dapat dihandle oleh ketiga Micro Framework diatas dalam hitungan 1 detik. Pada gambar diatas, kita dapat melihat bahwa Lumen dapat memproses 1900 request per detik, Ini jelas membuktikan bahwa Taylor Otwell lebih mengedepankan kecepatan proses data ketimbang fitur yang lainnya.

Selain soal kecepatan, kamu juga dapat menggunakan fitur yang biasa kamu gunakan di Framework Laravel seperti Eloquent, Caching, Queues, Validation, Routing, Middleware. Semua fitur tersebut tidak memerlukan banyak konfigurasi sehingga kamu dapat langsung memulai development.

Nah selain itu, jika kamu dapat melakukan upgrade dari Lumen menuju Laravel, kamu hanya tinggal menaruh source code yang sudah kamu buat sebelumnya ke direktori Laravel tanpa melakukan konfigurasi apapun.

Lumen # Instalasi

Untuk menginstall framework ini, ada beberapa Requirement yang dibutuhkan :

  • PHP >= 5.5.9
  • OpenSSL PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension

Nah berikut beberapa metode instalasi yang dapat kamu gunakan :

Via Lumen Installer

Pertama perlu diperhatikan bahwa metode ini saya gunakan di Environment Linux, saya tidak pernah mencobanya di Sistem Operasi Windows. Untuk melakukan instalasi dengan menggunakan Lumen Installer atau juga  disebut dengan Global Installer, kamu membutuhkan Composer, setelah itu kamu cukup mengetik perintah berikut :

composer global require “laravel/lumen-installer=~1.0”

Setelah itu, pastikan bahwa direktori ~/.composer/vendor/bin sudah diset sebagai PATH agar kamu dapat langsung mengeksekusi perintah Lumen dari console. Setelah itu kamu dapat membuat sebuah project baru dengan mengetikan perintah berikut pada console :

 lumen new blog

Via Composer Create-Project

Nah, ini adalah cara alternatif yang dapat kamu gunakan jika kamu tidak dapat melakukan instalasi dengan metode yang pertama. Dengan composer yang sudah terinstall pada sistem kamu, ketikkan perintah berikut pada console / command prompt milik kamu :

composer create-project laravel/lumen –prefer-dist

Kamu dapat mengeksplorasi lebih jauh lagi tentang Micro Framework ini di dokumentasi resminya. Sangat menarik bukan ? Silahkan coba framework terbaru ini dan semoga bermanfaat. bye 😀


Tinggalkan Balasan