Manual Instalasi Nginx, MySQL, dan PHP di Windows

Sekarang kita coba buat install nginx,MySQL, dan PHP di Windows, kalau ada yang ga tau nginx bisa baca disini http://wiki.nginx.org/Main

langsung aja instalasinya :

1. download dan install nginx

Download nginx dari http://nginx.org/download/nginx-1.0.11.zip .abis download, trus diextract, jalankan nginx.exe yang ada di direktori hasil ekstraksi. Bisa lewat cmd atau dobel klik aja file tersebut, controlnya adalah sebagai berikut :

2. download dan install PHP

Download php VC9 x86 Thread Safe di http://windows.php.net/downloads/releases/php-5.3.9-Win32-VC9-x86.msi. Setelah selesai ga ada yang perlu kita rubah pada konfigurasi php. harus kita rubah adalah konfigurasi dari nginx karena Nginx dan PHP hanya dapat dipasangakan melalui fast-cgi.

masuk ke direktori nginx dan bukalah file conf.nginx.conf, lalu edit baris 43 – 46, pada baris ke 45, tambahkan file ekstensi .php (index.php) agar jika ada file tersebut di root langsung dieksekusi.

Pada baris ke 65 – 71, hapus semua komentar (tanda pagar), pada baris 69 pastikan home direktori terseting dengan baik, konfigurasi punya saya sepert ini :

3. download dan install MySQL

Download MySQL dari sini http://patrl.com/mysql5520 lalu install dengan semua pilihan default, termasuk pilihan untuk menambahkan MySQL di root windows, agar kita bisa mengaksesnya secara langsung melalui command prompt.

4. download RunHiddenConsole

Ini adalah sebuah tool untuk menyembunyikan berbagai jendela command prompt saat server berjalan, karena kita nantinya akan menjalankannya melalui sebuat aplikasi batch. yaitu menjalankan dengan start.bat dan mengakhiri dengan stop.bat. Download RunHiddenConsole dari sini http://patrl.com/RunHiddenConsole

5. Start & Stop Server

Untuk memudahkan menjalankan dan menghentikan server, gunakan dua perintah berikut.

a. Menjalankan Server (copy tulisan berikut pada notepad, simpan dengan nama start/mulai/jalan .bat, nama terserah anda):

Baris RunHidden…… ==> perintah menjalankan PHP dalam mode fast cgi port yang dipakai 9000, sama dengan port setting nginx. [Pastikan direktori penginstalan PHP tertulis dengan benar. Punya saya di C:Program FilesPHP.]
Baris start nginx ==> perintah menjalankan Nginx.
Baris net start MySQL ==> perintah menjalankan MySQL [ Jika My SQL sudah tersetting autorun, hapus baris ini]

b. Mematikan server (copy lagi tulisan ini, beri nama sudah/selesai/berhenti/stop.bat)

 

Jika MySQL berjalan secara default saat windows berjalan, jangan lupa untuk menghapus baris net stop MySQL.
6. testing

Buat file php info, copy = , pada notepad. Simpan sebagai index.php di C:nginxhtml. Buka Browser ketik http://localhost/

Semoga bermanfaat… 🙂

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

Tinggalkan Balasan