Membuat Format Rupiah dan Terbilang Dengan PHP

rupiah

Wah, Setelah mendapatkan angin segar sehabis vakansi ke Sukabumi bersama temen-temen kantor, akhirnya bisa menggali ilham lagi untuk update di blog ini setelah sebelumnya kering ide dan bingung mau nulis apaan. Seharusnya saya posting artikel ini besok pagi aja, tapi karena suntuk ga bisa tidur karena kecapean sehabis perjalanan Sukabumi – Jakarta yang jaraknya lumayan jauh, jadi ya saya posting sekarang aja. Mudah-mudahan bermanfaat 🙂 

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat format Rupiah dan terbilang dengan PHP. Agar mudah dalam penggunaannya, saya menggabungkan fungsi tersebut dan menuangkannya kedalam Class.

Masih bingung?  begini..begini…misalkan saya punya angka bernilai 150000, nah untuk sebuah kurs uang angka ini cukup membingungkan karna kita harus mengurut dulu berapa jumlah digitnya. Nah, agar mudah dibaca maka angka tersebut di ubah kedalam format kurs uang menjadi 150.000,00. Sedangkan untuk format terbilang, maka angka tersebut seharusnya bisa dikonversikan menjadi “Seratus Lima Puluh Ribu”. 

Udah faham khan sekarang? ok kalau begitu kita mulai dengan membuat sebuah class bernama moneyFormat, simpan dengan nama moneyFormat.php. Ketikkan kode seperti ini :

Sekarang kita mulai dengan fungsi kurs rupiah, angka bulat yang tadi saya sebutkan kita rubah menjadi format kurs rupiah, ketikkan kode berikut ini :

Untuk contoh penggunaannya kita buat satu file php lagi, buat file dengan nama index.php dan ketikkan kode berikut :

Kurs Rupiah

“; echo “Rp. “.$rupiah.””; ?>

Jalankan script tersebut di browser dan lihat hasilnya. Untuk format terbilang, kita tambahkan fungsi lagi di class moneyFormat tadi, ketikkan code berikut :

Untuk penggunaannya, buka kembali index.php dan tambahkan kode ini :

Kurs Rupiah

“; echo “Rp. “.$rupiah.””; echo ”
“; /* Format Terbilang*/ $terbilang = $moneyFormat->terbilang($angka); echo ”

Format Terbilang

“; echo “”.$terbilang.” Rupiah”; ?>

Sekarang jalankan script tersebut dan lihat hasilnya. Cukup mudah kan? Untuk selanjutnya saya akan coba kembangkan kembali fungsi ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

download button

 

 

 

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms
Latest Comments
  1. joulisb Maret 18, 2016
  2. Andrew Stefanus Juli 27, 2016
  3. andreymahdison Oktober 13, 2016

Tinggalkan Balasan