Membuat Peta Pada LeafletJS Dengan PHP dan MySQL

leaflet-logoOk, masih lanjutan dari artikel sebelumnya! kali ini kita akan membuat peta pada LeafletJS dengan PHP dan MySQL. Ternyata untuk membuat marker dari database pada Leaflet ini ga susah-susah amat koq.

LeafletJS Dengan PHP dan MySQL #Database

Pertama kita siapin dulu databasenya…perlu diingat bahwa struktur database ini bakal dipake pada tutorial Leaflet selanjutnya, jadi simpen baik-baik ya 😀

Buat  Database baru dengan nama ‘leaflet’ dan masukkan query berikut ini

LeafletJS Dengan PHP dan MySQL #Database

Kalo databasenya udah siap sekarang kita buat script PHPnya, ketikkan script berikut ini di texteditor kamu

Nah, dari script diatas dijelasin bahwa saya pake script php untuk generate script javascriptnya agar dapat di-looping berdasarkan jumlah lokasi yang ada pada Database. Sebenernya cara ini saya pake karena saya masih belum tahu gimana caranya buat nampilin markernya pake JSON biar ga terlalu berat, mungkin tutorial ke depan saya coba ulik lagi caranya.

Dari script diatas, output yang dihasilkan seharusnya seperti dibawah ini

LeafletJS Dengan PHP dan MySQL

Mudahkan? selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😀

download-button

 

 

Post Author: El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.