Menampilkan Google Maps Directions Dengan Geolocation

Menampilkan Google Maps Directions Dengan Geolocation

Halo, akhirnya bisa ngeblog lagi dan akhirnya bisa nulis artikel tentang Google Maps lagi. Ok, sekarang topik yang akan saya bahas adalah tentang Google Maps Directions. Dulu sebeneranya saya sudah pernah bahas ini sebelumnya tentang bagaimana cara membuat Google Maps Directions sendiri, nah sekarang kita bakal belajar bagaimana menampilkan Google Maps Directions dengan Geolocation.

Google Maps Directions Dengan Geolocation #Penjelasan

Pada artikel saya yang dulu kita harus menuliskan secara manual asal dan tujuannya. Nah, sekarang saya mau modifikasi agar user hanya tinggal menentukan tujuannya, lalu asalnya darimana ? nah koordinat asalnya berasal dari GPS dari device user itu sendiri, dengan menggunakan teknologi Geolocation kita bisa mengambil koordinat kita sendiri. Tapi fitur ini sebenarnya juga punya kelemahan, yaitu jaringan / wireless network pada user. Misalkan saya menggunakan jaringan dari Internet Provider, nah biasanya titik koordinatnya akan menunjukan pada lokasi BTS / Tower pada Internet Provider, bukan pada perangkat user. Beda halnya dengan Operator Cellular, biasanya dia bisa mengambil koordinat pada perangkat user sendiri.

Google Maps Directions Dengan Geolocation #Tambahan

Sebagai tambahan saya memasukan 3 fitur baru yaitu rute alternatif, Traffic Layer dan juga Geocoder Autocomplete untuk akurasi daerah tujuan. Untuk Geocoder ini saya pernah tulis di artikel saya tentang bagaimana cara menggunakan Geocoder Autocomplete untuk mengisi form alamat. Sama halnya dengan Traffic Layer atau tampilan Traffic Jalan Raya, saya pernah membahas tentang bagaimana cara menampilkan Traffic Jalan Raya Pada Google Maps.

Google Maps Directions Dengan Geolocation #Script

Ok, sekarang kita udah faham kan apa yang mau dibuat, sekarang buka text editor kamu dan ketikkan kode dibawah ini

Google Maps Directions Dengan Geolocation #Output

Nah, output dari script diatas kurang lebih adalah seperti ini

traffic-rute-geocoder

Gampang kan ? cuman menambahkan kode sedikit dan kamu udah bisa membuat sebuah sistem traffic dan juga monitoring lalu lintas secara sekaligus. Biar lebih jelas, kamu bisa download kode lengkapnya disini. Sekian dulu bahasan kita tentang Google Maps dengan Geolocation. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. 😀