Mengaktifkan Module Apache Mod_Rewrite Di Ubuntu 12.04

modrewrite_ubuntuHello, lama ga jumpa di blogku ini. Dengan tahun yang baru tentunya harus pake semangat baru doong. Di tahun yang baru ini juga saya akhirnya terpaksa harus ganti HDD karena HDD saya kena bad sector dan wassalam.

Akibat dari HDD saya yang rusak itu akhirnya saya terpaksa membeli HDD yang baru. Data-data lama saya belum saya coba angkat dan saya pindahkan ke HDD yang baru…mungkin next time…jadi HDD yang saya pakai ini bener-bener masih fresh from the box. ga ada data sama sekali 😀

Oh ya, hikmahnya dari kejadian itu ya akhirnya saya memutuskan untuk single boot dengan Ubuntu 12.04-1. Naah, ada beberapa kendala ketika saya harus develop PHP di Ubuntu yaitu masalah mod_rewrite. Betul, module ini sangat berguna bagi saya yang harus develop dengan beberapa framework PHP dan mau ga mau aplikasi yang saya bikin harus clean & friendly URL tentunya.

Setelah saya tanya-tanya diforum, ternyata untuk mengaktifkan mod_rewrite ini ga susah koq. Sekarang kita mulai langkahnya ya, angkap aja sekarang Apache-PHP5-MySQL udah terinstall di Ubuntu kamu. Buka Terminal dan ketikkan perintah berikut

sudo a2enmod rewrite

Abis itu sekarang kamu restart service Apache-nya

sudo /etc/init.d/apache2 restart

Nah…kalo kamu terbiasa memakai .htaccess, kamu harus melakukan beberapa konfigurasi pada Apache. Masih di terminal yang aktif ketikkan perintah berikut :

sudo nano /etc/apache2/sites-available/default

dan rubah berisan berikut

<Directory /var/www/>
   Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
   AllowOverride None
   Order allow,deny
   allow from all
</Directory>

menjadi seperti ini

<Directory /var/www/>
   Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
   AllowOverride FileInfo
   Order allow,deny
   allow from all
</Directory>

restart Apache dan kamu udah bisa pake mod_rewrite sekarang 🙂

Tinggalkan komentar