Mengambil Data Konversi Kurs Dengan Python Dari Situs CNN

Mengambil Data Konversi Kurs Dengan Python Dari Situs CNN

Pada tutorial kali ini saya akan membahas tutorial tentang bagaimana cara mengambil data konversi kurs dengan Python dari situs CNN. Teknik yang digunakan sebenarnya bukan web scrapping, namun lebih memanfaatkan request yang terbuka dari web tersebut. Kita akan membuat sebuah request dan memanfaatkan respon dari request tersebut.

Mengambil Data Konversi Kurs Dengan Python # Bedah Website CNN

Pertama kita akan mulai membedah web CNN yang kita maksud yaitu CNN Money lalu ke bagian currency. Kita akan melihat table form seperti berikut :

Data Konversi Kurs Dengan Python (Web CNN Money)

Bila kita klik kanan pada form tersebut, kita bakal tahu bahwa form tersebut adalah sebuah frame. nah kita tinggal membuka frame tersebut secara terpisah, URL asli dari form tersebut adalah http://markets.money.cnn.com/common/modules/iframe/currencyConverter.asp.

Form tersebut menggunakan metode AJAX dengan merespon setiap perubahan didalam elemen form tersebut baik itu combobox ataupun textfield.

Mengambil Data Konversi Kurs Dengan Python # Source Code

Nah, sekarang kita mulai dengan membuat script untuk mengambil data kurs dengan Python. Pertama kita membutuhkan module bernama request.Pertama kita install module request dengan menggunakan pip. Pip adalah sebuah package manager dari Python yang bisa kamu gunakan untuk menginstall package atau module yang dibutuhkan di Python. Untuk instalasi pip, silahkan merujuk ke dokumentasi di website resmi pip, jika sudah pip sudah terinstall kamu tinggal melakukan instalasi module request dengan mengetikan perintah berikut ini di console kamu

Setelah itu kamu bisa melakukan import module tersebut dengan syntax seperti berikut

Lalu kita sertakan alamat target kedalam variable bernama url. Kita buat script sederhana untuk mengkonversi data kurs dari USD ke IDR dengan menggunakan input yang akan membaca data berupa nilai USD yang akan dikonversi lalu kita buat request ke alamat URL yang sudah kita deklarasikan sebelumnya.

Untuk source code lengkapnya seperti berikut ini :

Sekarang kita jalankan script python tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :Data Konversi Kurs Dengan Python (Hasil)

Bagaimana ? mudah bukan ? silahkan dicoba & semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan