Mengatasi Pesan Error ‘Notice: Undefined’ di PHP

How-to-Fix-PHP-Notice-Undefined-indexLumayan bisa bersantai lagi malam ini karena project juga udah kelar dan akhirnya bisa ngulik-ngulik yang lain lagi. Oh iya, dalam project kemarin saya memakai versi PHP yang baru dan akhirnya beberapa script PHP saya mengalami error yang berbunyi kurang lebih kaya gini ‘Notice: Undefined’.

Nah, pas saya telusuri ternyata pada versi PHP yang baru ini ternyata variiable yang kita pakai sebagai object atau array harus di deklarasikan terlebih dahulu. Terlebih kalau kita bekerja pada lingkungan Framework seperti Codeigniter, Zend atau CakePHP, error ini lumayan cukup mengganggu.

Ok, sekarang kita coba buat studi kasusnya ya, misalkan saya punya array seperti ini

'dadang',2=>'maman',3=>'jajang'); ?>

Nah, kalau kita ingin menampilkan keseluruhan data, kita biasanya langsung melakukan looping khan? nah, ternyata untuk versi yang baru ini kita bakal mengalami error yang saya sebutin diatas, biasanya error ini terjadi pada lingkungan MVC tapi bukan berarti yang non-MVC juga ga bakal mengalami error beginian. Ok untuk mengatasinya kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah array tersebut kosong atau engga. Nah, satu lagi….error ini juga terjadi kalo misalkan kamu lagi fetch data dari database dan ternyata ga ada data yg ditampilkan.

Atau kamu juga bisa pake cara ini

Nah, sekarang gimana kalo misalkan ternyata kita cuma mau nampilin salah satu data dari array tersebut? kamu bisa pakai cara ini

Ok, gampang khan? mudah-mudahan tips diatas berguna buat kamu-kamu yang lagi baca artikel saya ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😀

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

Tinggalkan Balasan