Mengenali Pesan Error Di Google Maps

Akhir-akhir ini banyak email / komentar yang masuk dan mereka menanyakan kenapa script yang saya buat pada blog ini tidak bisa berjalan di platform mereka. Jujur, beberapa script sudah saya coba dan ada yang masih berjalan dan ada juga yang tidak dan ketika saya lihat pesan error yang muncul saat saya melakukan inspect element, saya menemukan pesan error yang biasanya jarang saya temukan pada Google Maps versi sebelumnya.

Setelah saya telusuri ke berbagai referensi dan dokumentasi akhirnya error tersebut bisa di perbaiki. Pada intinya Google Maps memiliki kebijakan baru kepada web developer dalam  penggunaan layanan mereka.

OK, Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali pesan error di Google Maps yang umumnya sering muncul saat kita membuat aplikasi peta dengan Google Maps.

Mengenali Pesan Error Di Google Maps #ApiNotActivatedMapError

Pesan error ini muncul karena kita belum mengaktifkan API tersebut seperti Geocoding, Geolocation dll. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa fitur atau library dari Google Maps yang membutuhkan sebuah Key API dan fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu.

Mengenali Pesan Error Di Google Maps #DeletedApiProjectMapError

Pesan error ini muncul karena project API kita di Google Console telah terhapus. Jika memang project API tersebut sudah tidak ada maka kamu harus membuat kembali Project API untuk mendapatkan kembali Key API untuk Google Maps.

Mengenali Pesan Error Di Google Maps #ExpiredKeyMapError

Pesan error ini muncul karena Key API yang kita gunakan sudah expire / melewati batas waktu penggunaan yang sudah ditentukan, kamu bisa memperbaiki ini dengan melakukan generate ulang Key API dan mengganti Key yang lama dengan Key yang baru.

Mengenali Pesan Error Di Google Maps #InvalidClientIdMapError

Pesan error ini muncul karena Client ID yang kita gunakan pada Key API Google Maps tidak valid atau sudah expire, kamu bisa memperbaiki ini dengan melakukan generate ulang Client dan mengganti Client ID yang lama dengan ID yang baru.

Mengenali Pesan Error Di Google Maps #InvalidKeyMapError

Pesan error ini muncul karena Key yang kita gunakan tidak valid atau salah. kamu bisa memperbaiki ini dengan melakukan generate ulang Key API dan mengganti Key yang lama dengan Key yang baru.

Mengenali Pesan Error Di Google Maps #MissingKeyMapError

Pesan error ini muncul karena fitur yang kita gunakan membutuhkan Key API dan kita tidak menyertakan Key API tersebut, silahkan buat Key API terlebih dahulu dan letakan pada kode berikut ini

Untuk membuat Key API untuk Google Maps kamu bisa mengunjungi situs resminya di Google Console.

Nah itu dia beberapa pesan error yang umumnya muncul di Google Maps, sebenarnya masih banyak pesan error yang ada tapi yang saya bahas adalah yang biasanya sering muncul. Mungkin nanti di artikel selanjutnya akan saya bahas lagi. Semoga bermanfaat 😀

 

 

 

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms
Latest Comments

Tinggalkan Balasan