Menggunakan Fungsi Where Collection di Laravel Framework

Menggunakan Fungsi Where Collection di Laravel

Ada beberapa teknik atau trik yang saya dapatkan ketika saya menggunakan Laravel yaitu menggunakan fungsi Where Collection di Laravel. Ya! fungsi where() adalah fungsi yang sangat sering digunakan di Laravel untuk melakukan filter data dari Model, nah sekarang bagaimana jika kita harus melakukan lebih dari 1 filter untuk menampilkan beberapa data dari 1 model ?

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tutorial tentang bagaimana cara menggunakan Fungsi Where Collection di Laravel untuk query yang lebih efisien dan juga dapat menghemat memory pada CPU sehingga tidak akan memberatkan pada Web Server.

Where Collection adalah sebuah fitur untuk melakukan filter pada Collection yang sudah dieksekusi sehingga data yang sudah ada dapat di saring kembali menjadi data yang ingin kita tampilkan.

Fungsi Where Collection di Laravel

OK, pada bagian ini saya akan memberikan sebuah contoh, misalkan saya memiliki 1 buah table yaitu :

Lalu saya ingin mengisikan datanya seperti ini

Dengan data yang sekarang kita punya kita akan melakukan filter dan memisahkannya kedalam beberapa array. Cara yang akan kita gunakan biasanya seperti pada query berikut ini :

Cara ini adalah umum dan lebih sederhana tapi Laravel akan menggunakan memori yang cukup besar pada CPU karena kita melakukan tiga kali Collection pada Model secara bersamaan. Nah, daripada melakukan Collection sebanyak itu kita bisa menghemat memori dengan menggunakan 1 Collection saja dan memisahkannya menjadi beberapa array :

Cara seperti ini lebih menghemat penggunaan memori pada CPU karena kita tahu bahwa Eloquent ORM menggunakan memori yang cukup besar saat mengeksekusi query pada Model. Semoga tips ini bermanfaat 😀

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

Tinggalkan Balasan