Menggunakan Geocoder Autocomplete Untuk Mengisi Form Alamat

geocoding-fill-addressHai, seneng banget bisa ngeblog lagi disini, Alhamdulillah tangan saya juga udah pulih jadi saya udah bisa beraktifitas seperti biasa lagi. Cuman mungkin saya belum berani buat pulang kampung ke Purwakarta pake motor, jadi sementara saya pake bis aja dulu dech.

Ok, pada postingan ini saya akan membahas tentang bagaiaman cara menggunakan Geocoder Autocomplete untuk mengisi form alamat. Postingan ini terinspirasi dari project yang saya garap di kantor dimana klien saya pengen supaya pada form pengisian data alamat bisa autocomplete dari Google Maps. Jadi user ga usah cape-cape lagi ngisi alamatnya, tinggal isi di form autocomplete maka data alamat seperti Kota, Provinsi, Kode Pos dan juga Negara langsung terisi di field yang lainnya juga.

OK, sekarang kita bikin scriptnya ya…pertama-tama buka text-editor dan ketikkan script di bawah ini

Nah dengan script diatas tadi, outputnya kira-kira begini

form-autocomplete-geocoding

Nah, mudah khan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 😀

Post Author: El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.