Menghapus Item Duplikat Pada Array di ES6

Di tutorial kali ini saya akan membahas trik Javascript yaitu tentang bagaimana cara menghapus item duplikat pada Array di ES6. Ada tiga trik yang akan saya bahas kali ini dan semua menggunakan Javascript ES6.

Bagi kamu yang masih asing dengan ES6. Singkatnya ES6 adalah sebuah singkatan dari ECMAScript versi 6. Lalu apa itu ECMAScript? ECMAScript adalah sebuah standarisasi scripting language (Javascript) yang dibuat oleh European Computer Manufacturers Association (ECMA). Sederhananya ECMAScript adalah sebuah standarisasi bahasa untuk Javascript. Untuk dapat menggunakan ES6 kamu wajib untuk menginstall NodeJS di perangkat yang kamu gunakan.

Kembali ke topik semula, saya akan membahas tiga cara yang bisa digunakan untuk menghapus duplicate item didalam array pada ES6. Tiga cara tersebut diantaranya adalah :

1. Menghapus Item Duplikat Pada Array di ES6 Menggunakan Set

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Set. Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan mudah. Sebelumnya kita bahas dulu apa itu Set. Set adalah sebuah tipe data baru berbentuk objek yang ada di dalam Javascript ES6 yang memungkinkan kamu untuk menyimpan data item unique saja. Singkatnya, Set akan secara otomatis menghapus semua data duplikat yang ada didalam objek tanpa perlu melakukan scripting lagi.

2. Menghapus Item Duplikat Pada Array di ES6 Menggunakan Filter

Untuk dapat menggunakan cara ini kita harus memahami cara kerja dari method indexOf() dan filter().

indexOf()

fungsi dari method indexOf() adalah untuk mengembalikan nilai index / key dari array berdasarkan value dari item sendiri.

Seperti yang kita lihat pada contoh diatas, output index yang dihasilkan berdasarkan dari value item pada array.

filter()

fungsi dari filter() adalah untuk membuat array baru yang terdiri dari item array yang sesuai dengan kondisi yang kita sesuaikan. Sederhananya, jika nilai yang dikembalikan adalah true maka item tersebut akan disertakan dalam array yang baru. Selain itu, maka item tidak akan disertakan pada array yang baru.

Pada output diatas kita dapat mengartikan bahwa item yang memiliki nilai true adalah item yang tidak memiliki index yang sudah dipasang sebelumnya. Setelah index dipasangkan, maka index dengan nilai yang sama akan dikembalikan dengan nilai false. Untuk menghapus item duplikat pada array dengan menggunakan filter(), kita dapat menggunakan script berikut :

3. Menghapus Item Duplikat Pada Array di ES6 Menggunakan Reduce

Cara terakhir yang digunakan adalah dengan menggunakan reduce(). Method reduce() digunakan untuk mengurangi value / item pada array dan menggabungkannya kedalam array baru dengan menggunakan kondisi yang kita sesuaikan. Nilai false akan disertakan kedalam array baru sedangkan nilai true akan dilewat.

Berikut cara yang bisa kamu gunakan untuk menghapus item duplikat didalam array. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂