Menghapus Kernel Lama di CentOS, Fedora dan Red Hat

Menghapus Kernel Lama di CentOS, Fedora dan Red Hat

Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi trik tentang bagaimana cara untuk menghapus kernel lama di CentOS, Fedora dan Red Hat secara cepat dan aman. Hal ini dilakukan agar ruang hardisk semakin lega dan sistem berjalan semakin cepat.

Untuk melakukan trik ini kita hanya membutuhkan package yum-utils.

Pertama kita jalankan console untuk memeriksa terlebih dahulu versi kernel yang sedang terpasang di sistem operasi, ketik perintah berikut ini

$ rpm -q kernel

Perintah diatas akan menampilkan versi kernel yang memiliki versi yang lebih lama dari versi yang sedang terpasang di dalam sistem operasi sehingga aman untuk kita hapus dari sistem.

kernel-2.6.32-279.el6.x86_64
kernel-2.6.32-279.2.1.el6.x86_64
kernel-2.6.32-279.5.2.el6.x86_64
kernel-2.6.32-279.9.1.el6.x86_64

Setelah kita mengetahui versi kernel yang akan kita hapus maka kita tinggal melakukan instalasi yum-utils.

$ yum install yum-utils

Setelah proses instalasi selesai, kita tinggal menjalankan perintah berikut untuk menghapus kernel lama di Centos, Fedora dan Red Hat.

$ package-cleanup --oldkernels --count=2

Pada perintah diatas kita menginstruksikan sistem untuk menghapus kernel lama dengan jumlah maksimal dua versi. Contohnya, jika versi kernel yang aktif adalah 2.7 maka sistem akan menghapus kernel dengan versi 2.6 dan 2.5

Baca Juga : Cara Downgrade Aplikasi dengan YUM

Agar sisem secara otomatis menghapus kernel lama saat proses update kernel, maka kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Buka file /etc/yum.conf lalu ubah pada bagian installonly_limit.

installonly_limit=2

Sekarang sistem akan secara otomatis menghapus kernel lama di sistem operasi Linux kita ketika proses instalasi kernel baru.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar