Menghitung Tarif Berdasarkan Jarak Dengan Google Maps

Menghitung Tarif Berdasarkan Jarak Dengan Google Maps

Halo, udah lama banget ga update lagi di sini karena yaaah apalagi kalau bukan karena sibuk dengan beberapa project. Oh iya, pada beberapa artikel saya sebelumnya saya menyebutkan bahwa saya lagi gencar-gencarnya nyari dana buat menikah, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan pernikahan saya Insya Allah akan dilangsungkan pada hari senin depan tepatnya tanggal 7 Maret 2016. Jadi, mungkin ini adalah postingan saya yang terakhir sebagai programmer lajang. hehehe 😀

OK, cukup ah pembukanya! seperti judulnya, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menghitung tarif berdasarkan jarak dengan Google Maps seperti pada aplikasi transportasi online yang sekarang sedang marak seperti GO-JEK atau Grab Bike. Artikel ini terinspirasi dari komentar salah seorang pengunjung di artikel saya yang menanyakan bagaimana cara untuk menghitung tarif berdasarkan jarak dengan Google Maps. Coba lihat artikel saya sebelumnya tentang bagaimana cara Membuat Sistem Google Directions Sendiri.

Menghitung Tarif Berdasarkan Jarak Dengan Google Maps #Rumus

Masih bingung ? begini, saya kasih rumusnya. Katakanlah kita ingin menghitung jarak dari Jl. Dr. Setiabudi ke Jl. Buah Batu di Kota Bandung, jarak yang kita dapatkan sekitar 10 KM. Kita sudah membuat aturan bahwa tarif yang dikenakan adalah Rp.500 perKilometer sehingga total tarifnya adalah Rp. 5000,- . Rumusnya adalah :

Total Tarif = Jarak (KM) x 500

Sederhana kan ? Nah, sekarang kita akan membuat scriptnya dengan memodifikasi script dari artikel saya sebelumnya yaitu Menghitung Jarak Marker.

Menghitung Tarif Berdasarkan Jarak Dengan Google Maps #Script

Agar dapat berjalan dengan baik, kita membutuhkan setidaknya beberapa library / fitur dari Google Maps yaitu Google Places, Geocode dan juga fitur Autocomplete dari Geocoder. Sebeneranya kita bisa juga menambahkan dengan fitur GPS sehingga kita bisa langsung mengetahui jarak dari tempat kita berada ke tempat tujuan.

OK, berikut scriptnya ya

Menghitung Tarif Berdasarkan Jarak Dengan Google Maps #Output

Dari script diatas, output yang dihasilkan adalah sebagai berikut

Menghitung Tarif Berdasarkan Jarak Dengan Google Maps

Gampang kan? Kamu bisa mengembangkan kembali script diatas sesuai dengan kebutuhan kamu. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Demo

Oh iya, Saya atas nama pribadi ingin mengundang kamu yang secara kebetulan sedang membaca artikel saya ini atau para pembaca setia blog saya ini ke acara pernikahan saya yang Insya Allah akan digelar pada Hari Senin, tanggal 7 Maret 2016. Kamu bisa lihat secara detail di Invitation dibawah ini.  Dateng yaaa 😀

Online Invitation

Post Author: El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.