Mengkonversi Data XML Ke Format JSON Dengan PHP

xmltojsonHi, senang banget bisa kembali lagi ngeblog disini sehabis kemarin blog saya ini kena suspended dari penyedia hostingnya entah apa sebabnya. Dan alhamdulillah sekarang udah bisa aktif lagi….Sebenernya semangat buat ngoding lagi agak loyo karena udah masuk musim hujan dan setiap harinya Bandung di guyur hujan deras dari pagi sampe sore, kadang juga sampe malem. Jadinya saya jadi jarang mandi soalnya air di kamar mandi udah berasa kaya air kulkas. hehehehe

Ok, sesuai judulnya jadi kita akan membuat script PHP untuk mengkonversi data berformat XML menjadi sebuah data yang berfomat JSON. sebenernya hampir ga ada yang beda dari dua format data ini . Yang ngebedain cuma cara memparsing datanya menjadi sebuah text format yang dapat dibaca di mesin / device yang berbeda. Cuman secara pribadi ya saya lebih seneng memparsing JSON ketimbang XML.

Ok, sekarang kita siapkan text editornya…pertama-tama kita buat file bernama xml.php, disini kita akan memasukan contoh format XML-nya.

Ok, habis itu sekarang kita bikin sebuah fungsi untuk memparsing data xml tersebut dan mengkonversinya menjadi sebuah data JSON. buat file bernama function.php.

Sekarang langkah terakhirnya adalah kita membuat file bernama index.php untuk membuat outputnya.

jalankan di localhost kamu, output yang keluar seharusnya seperti ini

datajson

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah, gampang khan? selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😀

download-button

 

 

 

 

 

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

2 tanggapan pada “Mengkonversi Data XML Ke Format JSON Dengan PHP”

  1. Outputnya kesamping yah seperti ini :

    {“item”:[{“id”:”1″,”judul”:”TEST XML1″},{“id”:”2″,”judul”:”TEST XML2″},{“id”:”3″,”judul”:”TEST XML3″}]}

    Kalo download yang dikasih. terus ada perbedaan di function.php \n,\r,\t dan pada index.php tidak pake ?> diakhirnya, kalo dari script atas tidak jalan.

Tinggalkan Balasan