Package Yang Wajib Diinstall Di Laravel Framework

package yang wajib diinstall di laravel

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang package yang wajib diinstall di Laravel Framework, package ini juga yang sering saya install dan saya gunakan dalam web development agar proses development menjadi lebih mudah dan efisien. Laravel sangat digemari karena memiliki package library yang sangat lengkap sehingga kita tidak perlu lagi menulis library sendiri, tinggal install dan kamu sudah bisa menggunakan library tersebut untuk kebutuhan development aplikasi yang sedang kamu bangun.

10 Package Yang Wajib Diinstall Di Laravel Framework # Daftar Package

Berikut daftar package yang wajib kamu install :

  1. laravelcollective/html
  2. barryvdh/laravel-debugbar
  3. patricktalmadge/bootstrapper
  4. cviebrock/eloquent-sluggable
  5. doctrine/dbal
  6. laracasts/generators
  7. laracasts/flash
  8. barryvdh/laravel-ide-helper
  9. creativeorange/gravatar
  10. intervention/image

Kamu dapat menginstall package tersebut dengan menggunakan Composer, tambahkan baris berikut pada bagian require didalam file composer.json :

Setelah itu kamu tinggal melakukan instalasi dengan mudah dengna menggunakan perintah composer update. Setiap package memiliki konfigurasi masing-masing, kamu bisa melihat dokumentasinya pada link yang ada di setiap package diatas. Pada umumnya kamu hanya tinggal melakukan konfigurasi pada file config/app.php untuk menambahkan baris pada Aliases dan juga Service Provider.

Berikut deskripsi singkat untuk tiap package diatas

1. laravelcollective/html

Package ini digunakan untuk menggantikan illuminate/html class pada Laravel karena illuminate/html class sudah tidak di support dan tidak diikutsertakan lagi sejak Laravel 5. Package ini sangat berguna jika kamu senang menggunakan HTML Helper.

2. barryvdh/laravel-debugbar

Package ini sangat direkomendasikan untuk kebutuhan development. Package ini akan menampilkan bar pada bawah halaman yang akan menampilkan seluruh informasi pada halaman yang sedang kamu akses seperti query SQL yang digunakan, route, session dan yang lainnya.

3. patricktalmadge/bootstrapper

Package ini direkomendasikan jika kamu sering menggunakan Bootstrap, class ini akan membuat sebuah snippet / helper baru untuk membuat sebuah class Bootstrap sehingga kamu hanya sedikit membutuhkan beberapa syntax saja untuk membuat sebuah interface dari Bootstrap.

4. cviebrock/eloquent-sluggable

Kamu dapat menggunakan package ini jika kamu akan membuat sebuah Blog dari Laravel atau website yang membutuhkan URL yang SEO-Friendly. Package ini akan melakukan generate slug pada URL untuk membuat URL menjadi lebih mudah dibaca.

5. doctrine/dbal

Saya masih belum terlalu dalam menggunakan package ini, package ini bisa kita gunakan untuk melakukan migration seperti migration:rollback.

6.  laracasts/generators

Package ini sangat berguna jika kamu terbiasa menggunakan migration, package ini akan menambahkan beberapa  perintah tambahan pada aktifitas yang berhubungan dengan migration.

7. laracasts/flash

Package ini digunakan untuk memodifikasi Session Helper yang sudah ada, terkadang kamu butuh sebuah session yang hanya dibutuhkan satu kali saja dan tidak kamu gunakan lagi, package ini sangat berguna jika kamu sering menggunakan Session Flash.

8. barryvdh/laravel-ide-helper

Package ini sebenarnya hanya digunakan sebagai pembantu saja jika kamu menggunakan IDE seperti PHPStorm, Laravel IDE Helper akan membantu PHPStorm untuk menginsfeksi seluruh Class pada aplikasi kamu agar kamu tidak terlalu terganggu dengan pesan error yang tidak terlalu penting dari PHPStorm.

9. creativeorange/gravatar

Seperti  namanya, package ini akan menampilkan gravatar dari user dengan mudah.

10. intervention/image

Saya sangat suka package ini, package ini digunakan untuk membuat sebuah helper Image yang membantu kamu dalam hal manipulasi gambar seperti upload, resize, crop dll.

Sekian penjelasan saya tentang package yang wajib diinstall di Laravel Framework yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan web development. Semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

1 tanggapan pada “Package Yang Wajib Diinstall Di Laravel Framework”

  1. bang saya lagi buat app absensi nih apa bisa bantu saya mengalami kesulitan pada ambil data dari db laravel yg saya gunakan 5.3

Tinggalkan Balasan