Tutorial Dasar Pemrograman OOP Dengan Python

Pemrograman OOP Dengan Python

Pada artikel yang lalu kita sudah pernah membahas bagaimana cara membuat sebuah function di bahasa pemrograman Python. Sekarang kita akan lanjut mendalami Pemrograman berorientasi Objek atau disingkat menjadi OOP dengan Python. Python adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek (OOP) berfokus pada pembuatan pola kode yang dapat digunakan kembali, berbeda dengan pemrograman prosedural, yang berfokus pada instruksi urutan eksplisit. Ketika mengerjakan program yang kompleks pada khususnya, OOP ini memungkinkan Kamu untuk menggunakan kembali script kode dan menulis kode yang lebih mudah dibaca.

Salah satu konsep terpenting dalam pemrograman berorientasi obyek adalah perbedaan antara class dan object, yang didefinisikan sebagai berikut:

  1. Class – Blueprint yang dibuat oleh programmer untuk sebuah object. Class Ini mendefinisikan satu set atribut yang akan mengkarakterisasi sebuah object yang dicontohkan dari class ini.
  2. Object – Contoh dari sebuah Class. Object Ini adalah versi class yang direalisasikan, dimana class dimanifestasikan ke dalam sebuah program.

Pada tutorial OOP dengan Python ini kita akan belajar bagaimana cara membangun class dan mendefinisikan sebuah object. 

Pemrograman OOP Dengan Python #Class

Pada Class ini kita akan mendefinisikan sebuah Class dengan kata kunci class, sama seperti saat kita mendefinisikan sebuah fungsi dengan menggunakan def.

Sebagai contoh kita akan membuat sebuah Class dengan nama Mobil yang memiliki 2 buah fungsi yaitu maju dan berhenti.

Fungsi yang berada pada Class Mobil ini kita sebut dengan Method. Method adalah sebuah fungsi yang biasa digunakan didalam sebuah Class. Argumen atau parameter untuk fungsi ini adalah self, yang merupakan referensi untuk object yang dibuat berdasarkan class ini.

OK, sekarang kita akan lanjut dengan mendefinisikan sebuah Object.

Pemrograman OOP Dengan Python #Object

Object adalah turunan dari sebuah Class. Kita bisa mengambil class Mobil yang didefinisikan di atas, dan menggunakannya untuk membuat object atau instance darinya.

Sebagai contoh, kita akan membuat sebuah object dengan nama Avanza.

disini kita akan menginisiasikan object Avanza sebagai sebuah intance dari class Mobil. Sekarang kita akan menggunakan 2 method yang sudah kita buat di dalam class Mobil dengan object Avanza.

Pada contoh kode diatas, method main() berisi object avanza yang akan mengeksekusi 2 buah method secara bersamaan yaitu method maju() dan berhenti() dan ketika script dijalankan maka method yang akan pertama dieksekusi adalah method main(). Jalankan script diatas dengan menggunakan console python.Pemrograman OOP Dengan Python

Pemrograman OOP Dengan Python #Constructor

Contructor adalah sebuah method yang secara otomatis akan dieksekusi oleh Class pada saat script dijalankan terlepas dari method mana yang akan dipanggil pertama kali. method contructor biasanya menggunakan object __init__. Misalkan contohnya seperti ini :

Lalu kita mulai jalankan script tersebut, hasilnya akan jadi seperti dibawah ini :

Pemrograman OOP Dengan Python

Pemrograman OOP Dengan Python #Parameter

Sekarang kita akan belajar bagaimana cara mengirim sebuah parameter kedalam object method dengan menggunakan constructor. kita modifikasi script sebelumnya dengan menggunakan syntax berikut :

Pada method main(), kita mengirimkan sebuah parameter yaitu ‘Avanza’ dan diterima oleh method constructor lalu parameter ini digunakan oleh method maju() dan berhenti(). Hasilnya adalah sebagai berikut :

Pemrograman OOP Dengan Python

Sekian dulu tutorial dari saya tentang Pemrograman OOP dengan Python. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan