Press "Enter" to skip to content

Remote Android Dari PC Dengan SSHDroid

Well, ini artikel pertama saya selepas Hari Raya Idul Fitri dan aktifitaspun berjalan normal kembali. Sebelumnya saya mengucapkan Minal ‘Aidin Wal Faizin kepada temen-temen pengunjung kalo saya ada kesalahan baik yang sengaja ataupun yang tidak disengaja.

Ok, artikel kali ini akan membahas soal cara remote Android dari PC dengan bantuan SSH. Ini berdasarkan kasus saya kemarin yang kesulitan mengakses filesystem di smartphone Android saya dengan menggunakan terminal emulator karena layar handphone saya terlalu kecil.

Cara ini juga bisa kamu lakukan jika kamu ketinggalan smartphone kamu dirumah dan kamu ingin mengakses file direktori atau bahkan filesystem kamu dari mana saja.

Ok, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menginstall SSHDroid. App ini bisa kamu download di Playstore atau di APKPure.

Setelah SSHDroid terinstall di Android, hal yang pertama kita lakukan adalah membuat RSA key terlebih dahulu.Remote Android dari PC - 1

Setelah proses generate RSA Key selesai, kita tinggal menjalankan servicenya maka setelah itu SSHDroid akan membuat IP secara automatis. Perlu diperhatikan bahwa IP ini adalah IP Publik, Jika kamu ingin mengakses dengan koneksi internet dari jarak jauh, hilangkan centang pada Require WiFi di menu Options.

Remote Android dari PC - 2

Jika servicenya sudah berjalan, kita sudah dapat melakukan remote android dari PC kita. Jika kamu pengguna Windows kamu bisa menggunakan Putty sebagai SSH-Client untuk mengakses smartphone Android dengan menggunakan SSH.

Pada konfigurasi Putty, masukkan alamat IP sesuai dengan IP yang sudah di generate oleh SSHDroid.

Remote Android dari PC -3

Setelah itu, login dengan username root. password default dari SSHDroid adalah admin, tapi kamu bisa menggantinya pada menu Options.

Setelah proses diatas sudah dilakukan, kamu sudah dapat melakukan remote Android dari PC kamu seperti berikut.

Remote Android dari PC - 4

Sekian tutorial dari saya tentang cara remote Android dari PC dengan menggunakan SSHDroid. Silahkan Mencoba dan Semoga bermanfaat.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *