ternary-operator-di-javascript

Kode Minimalis Dengan Ternary Operator di Javascript

Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk menulis kode yang minimalis dan sederhana dengan menggunakan Ternary Operator di Javascript.

Ternary Operator atau disebut dengan Operasional Kondisional adalah satu-satunya operator yang hanya membutuhkan tiga operator. Operator ini sering digunakan sebagai jalan pintas dalam penggunaan statement ‘if’.

condition ? expr1 : expr2

Contoh sintaks pada Ternary Operator

sintaks diatas terdiri dari beberapa parameter yaitu condition yang menyatakan kondisi yang akan diuji apakah nilai yang akan diuji menghasilkan true atau false. Parameter yang kedua adalah expr1 yang berarti tindakan jika hasil pengkondisian adalah true, sedangkan expr2 adalah kebalikan dari expr2 yang berarti tindakan jika hasil kondisi adalah false.

Contoh berikutnya adalah sebagai berikut:

Pengkondisian diatas akan menghasilkan True, karena kita sudah set dari awal value dari variable condition. Nah jika kita menggunakan ternary operator, maka kode yang akan kita tulis adalah sebagai berikut :

Sangat sederhana bukan ? Kita buat contoh yang yang lain.

Ternary Operator juga dapat mengambalikan nilai dari hasil pengkondisian. Misalkan seperti berikut :

Sangat sederhana bukan ? Kita dapat meminimalisir kode yang kita buat menjadi sangat simple, pendek dan efisien.

Sekian dulu tutorial dari saya mengenai Ternary Operator di Javascript. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. 🙂

Post Author: El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.