Tutorial Cara Mengatur AWS Elastic Beanstalk di NetBeans IDE 1

Tutorial Cara Mengatur AWS Elastic Beanstalk di NetBeans IDE

Jika Anda ingin menjalankan aplikasi web Java di Amazon Cloud, maka Anda harus menjadi teman baik dengan WS Elastic Beanstalk yang merupakan Platform Sebagai Layanan (PaaS) yang memungkinkan pengguna untuk membuat, ataupun mendorong dan mengelola aplikasi web di konsol Layanan Web Amazon.

Apa yang Anda butuhkan sebelum memulai :
• Hal terbaik tentang Amazon Cloud adalah bahwa sebagian besar sumber daya yang Anda perlukan sudah termasuk dalam NetBeans IDE terbaru.
• Layanan cloud Amazon Beanstalk sudah diinstal sebelumnya dan hanya perlu disiapkan.
• Untuk terhubung ke AWS kita harus menggunakan server Glassfish yang lagi-lagi sudah diinstal.


Mendaftar untuk akun Amazon Web Services
Hal pertama yang pertama, kami perlu memberi Anda akun Layanan Web Amazon. Anda dapat membuat akun dan mendaftar di AWS Console. Versi uji coba disebut AWS Free Tier dan aktif selama 12 bulan penuh. AWS memiliki berbagai layanan dan utilitas yang tersedia, dan dengan Free Tier Anda mendapatkan akses ke segelintir dari mereka dengan jumlah kredit bulanan yang layak untuk digunakan. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang tunjangan dan Tier Gratis dengan melihat halaman ini.

Konsol AWS
Pada awalnya, ini bisa terasa menakutkan ketika Anda masuk ke konsol karena berbagai layanan yang tersedia. Karena ini adalah tutorial sederhana, kita hanya akan menggunakan dua layanan ini – Elastic Beanstalk dan RDS Database Services.

AWS Services View Screenshot
AWS Services Screenshot 1

Elastic Beanstalk

In order to deploy an application, saya perlu menciptakan lingkungan di mana aplikasi dapat berjalan. Dari bagian penghitungan konsol pilih Elastic Beanstalk dan Anda akan disambut dengan layar berikut :

Elastic Beanstalk View
Elastic Beanstalk View

Saya akan membuat aplikasi Anda sendiri di NetBeans nanti,,,, jadi untuk sekarang klik Buat Aplikasi Baru di sudut kanan atas. Masukkan nama untuk aplikasi Anda dan klik Next.

Buat Aplikasi Baru

Sekarang Anda akan diminta untuk membuat Environment. Saya hanya ingin menggunakan standard application jadi klik Create Web Server.
Untuk server kita perlu menggunakan konfigurasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Pilih ‘Docker – Glassfish.’ Kita perlu melakukan ini agar kita dapat menggunakan server Glassfish dengan NetBeans nanti. Untuk Jenis Environment pilih ‘single instance’. Jika Anda terus menggunakan Amazon cloud untuk aplikasi Anda, ini harus menjadi mode yang Anda buat dan uji aplikasi Anda. Ini akan lebih rendah sumber daya dan mudah diupgrade nanti jika diperlukan. *lihat Gambar dibawah

Docker - Glassfis Amazon Web Service
Docker – Glassfis

Untuk Kode Aplikasi, pilih opsi untuk mengunggah kode Anda sendiri. Jangan tambahkan sumber daya tambahan apa pun. Untuk detail konfigurasi, pastikan Instance Type adalah ‘t1.micro’ dan biarkan sisanya sebagai pengaturan default. Klik Selanjutnya.

Klik tautan untuk Environment ( Sample-env-1 )

Sample-env-1
Overview AWS

Sebelum kita masuk ke bagian selanjutnya, silakan periksa dan buat catatan singkat tentang Elastic Beanstalk region anda. Itu muncul di sebelah nama Anda di menu kanan atas. Anda akan membutuhkan ini ketika Anda harus mengkonfigurasi NetBeans nanti. Perhatikan juga url untuk aplikasi Anda di bagian atas layar.

Elastic Beanstalk region
Elastic Beanstalk region

Klik pada ikon pengaturan di kanan atas. Anda akan dikirim ke halaman konfigurasi untuk instance RDS ini. Klik tautan untuk melihat di konsol RDS.
Klik pada tab konfigurasi. Ini akan memberi Anda semua informasi yang Anda perlukan untuk mengatur koneksi ke database Anda dari NetBeans (endpoint, port, nama database, nama pengguna)

Sampai Disini dulu ya, apakah anda paham? jika belum Silahkan Bertanya.. nanti akan saya update lagi artikelnya, biar lebih greget 😀 Jangan Lupa Diklik Iklan Google Adsensenya. Terimakasih

Tinggalkan komentar