Tutorial Dasar CRUD Python dan MySQL

CRUD Python dan MySQL

Halo, akhirnya bisa ngeposting lagi setelah beberapa hari ini agak vakum karena beberapa kesibukan. Gimana puasanya guys? mudah-mudahan lancar terus ya sampe abis. Ini juga artikel pertama saya di domain saya yang baru semenjak saya memutuskan berhenti menggunakan domain http://elcicko.web.id. Pada kesempatan kali ini saya mau membahas soal Python, karena beberapa hari ini kerjaan saya berhubungan sama bahasa pemrograman yang satu ini. Nah, kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana script Python dapat mengakses database MySQL melalui Python Shell atau Console. Loh? koq lewat console? bukan di web? Kebetulan kalo untuk di web ya nanti ada lagi tutorialnya, kita bisa pake Django Framework untuk bikin web. Yang bakal kita bahas kali ini yaitu tentang CRUD Python dan MySQL.

 

CRUD Python dan MySQL # Instalasi

Pertama-tama kamu bisa mengunduh Python di situs resminya di https://www.python.org. Untuk kamu pengguna Mac OSX atau Windows, sudah tersedia versi binary atau installer untuk setiap platform. Bagi kamu pengguna sistem operasi Linux, Python biasanya sudah terinstall secara default ada setiap Distro masing-masing. Kamu hanya tinggal membuka terminal dan mengetikan Python untuk menjalankan Python Shell.

python-shell

Untuk menggunakan library Python MysqlDB, kamu tinggal tinggal menginstallnya lewat aptitude “sudo apt-get install python-mysqldb” bagi kamu yang menggunakan Ubuntu / distro turunannya atau “yum install mysql-python”  bagi kamu yang menggunakan RedHat / CentOS / Fedora. Kamu juga bisa menginstallnya lewat pip dengan mengetikkan “pip install mysql-python”.

CRUD Python dan MySQL # Database

Sekarang kita buat database sederhana bernama “python_mysql”, struktur tablenya begini saja.

Nah, kita akan mulai dengan membuat script python sederhana untuk menguji koneksi ke database MySQL. Ketikkan script berikut ini.

CRUD Python dan MySQL # Koneksi Database

Beri nama misalkan “test_connection.py”, dan jalankan dengan menggunakan perintah “python test_connection.py”. Jika scriptnya benar, maka hasilnya akan seperti ini

python-mysql-connection

OK, jika outputnya seperti diatas berarti script koneksi ke database MySQL sudah berhasil. Sekarang kita lanjut membuat script CRUD tersebut.

CRUD Python dan MySQL # Select Data (Fetch All)

Simpan dengan nama “fetchall.py” dan jalankan dengan perintah “python fetchall.py”. Outputnya harusnya seperti dibawah ini.

python-mysql-fetchall

CRUD Python dan MySQL # Select Data (Fetch One)

Berbeda dengan sebelumnya, fetchone() ini digunakan untuk menampilkan 1 baris data saja. Simpan dengan nama “fetchone.py” dan jalankan dengan perintah “python fetchone.py”. Outputnya harusnya seperti dibawah ini.

python-mysql-fetchone

CRUD Python dan MySQL # Insert Data

Simpan dengan nama “insert.py” dan jalankan dengan perintah “python insert.py”. Outputnya harusnya seperti dibawah ini.

python-mysql-insert

CRUD Python dan MySQL # Update Data

Simpan dengan nama “update.py” dan jalankan dengan perintah “python update.py”. Outputnya harusnya seperti dibawah ini.

CRUD Python dan MySQL # Delete Data

Simpan dengan nama “delete.py” dan jalankan dengan perintah “python delete.py”. Outputnya harusnya seperti dibawah ini.

python-mysql-delete

Segitu aja dulu, nanti kita update lagi ya tutorial tentang CRUD dengan menggunakan Python dan MySQL ini. Untuk source code fullnya bisa didownload disini. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. 😀

Berlangganan Artikel

Daftarkan email anda sekarang dan dapatkan update terbaru dari artikel saya

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Powered by Optin Forms

7 tanggapan pada “Tutorial Dasar CRUD Python dan MySQL”

Tinggalkan Balasan