Tutorial Javascript – Manipulasi String Pada Javascript

Dipublikasikan oleh El Cicko pada

Tutorial Javascript Manipulasi String Pada Javascript Cover

Pada tutorial javascript kali ini saya akan membahas tentang cara manipulasi string pada Javascript seperti melakukan pencarian kata atau karakter tertentu pada sebuah string ataupun juga mengganti karakter tertentu didalam sebuah string pada Javascript.

Untuk melakukan hal ini, kita dapat menggunakan 3 metode yaitu dengan menggunakan String.includes(), String.indexOf() dan yang terakhir dengan menggunakan Regex.

Tutorial Javascript - Manipulasi String Pada Javascript

Manipulasi String Pada Javascript Dengan String.includes()

Metode ini terdapat pada ES6 dan umumnya lebih digemari karena penggunaannya yang sangat mudah. Nilai yang dikembalikan oleh fungsi String.includes() ini adalah boolean yang menyatakan apakah kata atau karakter yang kita cari terdapat dalam string tersebut atau tidak.

Berikut contoh kode untuk manipulasi string pada javascript dengan String.includes().

const str = 'javascript';
const search = 'java';

console.log(str.includes(search));
// true

Nilai yang dikembalikan adalah sebuah boolean dengan pernyataan true yang artinya bahwa kata yang saya cari terdapat pada string tersebut.

Pada contoh kode berikut ini kita akan menggunakan pencarian dengan string yang sama namun dengan menggunakan huruf besar.

const str = 'Javascript';
const search = 'java';

console.log(str.includes(search));
// false

Nilai yang dikembalikan adalah false karena pencarian string pada Javascript dengan menggunakan String.includes() ini membedakan huruf besar dan huruf kecil.

Manipulasi String Pada Javascript Dengan String.indexOf()

Metode berikutnya yang akan kita gunakan adalah String.indexOf(). Fungsi ini memiliki kemiripan dengan fungsi String.includes() namun memiliki output yang berbeda. Jika String.includes() menggunakan boolean sebagai output maka nilai output yang dikembalikan oleh fungsi String.indexOf() adalah 0 yang menyatakan bahwa pencarian ditemukan dan -1 jika kata yang kita cari tidak ditemukan.

Berikut adalah contoh kode untuk pencarian kata dalam string pada Javascript dengan String.indexOf().

const str = 'javascript';
const search = 'java';

console.log(str.indexOf(search));
// 0

Output yang ditampilkan adalah 0 yang menyatakan bahwa pencarian tersebut ditemukan. Jika nilai yang dicari tidak ditemukan maka outputnya adalah sebagai berikut.

const str = 'Javascript';
const search = 'java';

console.log(str.indexOf(search));
// -1

Jika kita bandingkan, fungsi dari String.includes() memiliki output yang lebih sederhana daripada String.indexOf() karena hanya menggunakan boolean saja.

Manipulasi String Pada Javascript Dengan Regex

Metode yang ketiga untuk melakukan pencarian kata di dalam string pada Javascript adalah dengan menggunakan Regex atau regular expressions. Penggunaan Regex memberikan kita fleksibilitas yang lebih dibandingkan dengan dua metode sebelumnya yang hanya dapat melakukan pencarian secara statis.

Dengan Regex, kita dapat mencari string dengan format tertentu. Untuk melakukan hal ini, kit dapat menggunakan fungsi RegExp.test(). Berikut contoh pencarian string dengan Regex.

const str = 'javascript';

console.log(/java/.test(str));
// true

Karena Regex lebih fleksibel, maka kita juga dapat melakukan pencarian dengan menyertakan opsi i agar Regex dapat melakukan pencarian pada huruf besar seperti pada contoh berikut.

const str = 'Javascript';

console.log(/java/i.test(str));
// true

Pada contoh diatas, output yang dihasilkan adalah true dikarenakan Regex akan menganggap string ‘Javascript’ termasuk pada kriteria pencarian tersebut.

Kesimpulan

Melakukan pencarian dan manipulasi String pada Javascript adalah kebutuhan dasar pada pemrograman aplikasi. Kegunaannya adalah untuk mencari dan menghapus kata-kata kasar yang dikirim oleh user.

Demikian dulu artikel dari saya tentang cara manipulasi string pada Javascript. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.


El Cicko

Nama saya Riky Fahri Hasibuan, Saya yang biasa nulis di blog ini. Blog ini adalah sarana dokumentasi dari apa yang saya kerjakan dan tidak ada salahnya juga saya sebarkan. Jika artikel di blog bermanfaat, kamu bisa memberikan apresiasi pada blog ini dengan memberikan donasi pada blog ini.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *