Tutorial Penggunaan Array di Python

Tutorial Penggunaan Array di Python

Pada artikel yang kemarin saya sudah membahas tentang dasar OOP di Python. nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas kembali soal Python namun kita akan kembali ke bahasan yang dasar yaitu penggunaan array di Python. Array merupakan sebuah variabel yang menyimpan lebih dari 1 buah data yang memiliki tipe data yang sama. Jadi dapat dikatakan bahwa array merupakan kumpulan dari data-data tunggal yang dijadikan dalam 1 variabel array yang alamat memorinya berbeda yang selanjutnya disebut elemen-elemen array yang bisa kita akses berdasarkan indeks. Python memiliki fleksibilitas soal penggunaan Array, berbeda dengan bahasa Java atau C namun lebih menyerupai list, list pada Python dapat terdiri dari String, Integer ataupun elemen yang lainnya.

Penggunaan Array di Python #Import Module & Contoh Dasar

Untuk menggunakan array, kita harus import terlebih dahulu module array di python, hal ini dikarenakan Array bukan sebuah tipe data yang fundamental seperti String ataupun Integer. Untuk melakukan import module arrayd di Python kamu  dapat menggunakan syntax berikut :

Setelah melakukan import module, kamu sudah dapat mendeklarasikan sebuah array. Berikut contoh pendelarasian sebuah array di Python :

Pada pendeklarasian diatas, variableArray adalah sebuah identifier dari sebuah array atau biasa kita sebut dengan variable, lalu typecode digunakan agar bahasa Python dapat mengidentifikasi tipe data apa yang ada di dalam Array tersebut dan Initializers adalah isi dari Array itu sendiri.

Typecode adalah kode yang digunakan untuk menentukan jenis nilai array atau tipe array. Tabel di bagian parameter dibawah ini menunjukkan nilai yang mungkin dapat Anda gunakan saat mendeklarasikan array dan jenisnya.

ParameterDefinisi
bSign Integer dengan besar memory 1 bytes
BUnsign Integer dengan besar memory 1 bytes
cCharacter dengan besar memory 1 bytes
uUnicode Character dengan besar memory 2 bytes
h Sign Integer dengan besar memory 2 bytes
HUnsign Integer dengan besar memory 2 bytes
iSign Integer dengan besar memory 2 bytes
IUnsign Integer dengan besar memory 2 bytes
wUnicode Character dengan besar memory 4 bytes
 lSign Integer dengan besar memory 4 bytes
LUnsign Integer dengan besar memory 4 bytes
fFloating Point dengan besar memory 4 bytes
dFloating Point dengan besar memory 8 bytes

Berikut contoh dasar penggunaan array di Python :

Pada contoh diatas typecode i mempresentasikan nilai integer pada array tersebut.

Penggunaan Array di Python #Mengakses Elemen Array Melalui Index

Pada bagian ini saya akan memberikan contoh bagaimana cara untuk mengakses elemen dari sebuah array langsung melalui index array itu sendiri, berikut contohnya :

Pada contoh diatas, typecode diisi dengan parameter i yang memiliki besar memory sebanyak 2 bytes. Sekarang kita coba dengan menggunakan 5 integer

Nah, seperti itu. Mudah kan ? lanjut

Penggunaan Array di Python #Menambah nilai pada Array dengan append()

Pada bagian ini kita akan belajar bagaimana cara untuk menambah nilai yang ada pada Array dengan menggunakan fungsi append(). Misalkan terdapat beberapa nilai yang ada di array berikut ini

Nah, kita akan menambahkan angka 6 ke dalam deretan angka yang ada pada array di atas. Berikut contoh scriptnya :

Segitu saja dulu tutorial tentang penggunaan array di Python. Insya Allah akan saya lanjutkan lagi di postingan selanjutnya. Silahkan dicoba & semoga bermanfaat. Amin 🙂


Tinggalkan Balasan